Uni-Bio Science Group Limited Laporkan Hasil Tahunan 2019

Jumat, 03 April 2020 | 16:49

HONG KONG, CHINA – EQS Newswire – Perusahaan biofarmasi lengkap Uni-Bio Science Group Limited (Uni-Bio Science) bersama-sama dengan anak perusahaannya yang disebut sebagai Group dengan kode saham: 0690. HK), secara resmi merilis hasil setahun penuh untuk 12 bulan yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2019 (Periode 2019) serta angka perbandingannya untuk tahun yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2018.

Pada 2019, Grup mencatat omset sebesar 209,4 juta HKD, meningkat 54,9% dari tahun sebelumnya (2018: 135,3 juta HKD). Peningkatan turnover terutama disebabkan oleh peningkatan signifikan dalam GeneTime® dan rebound dalam penjualan Pinup®. Di antara semua produk, GeneTime® sangat disukai oleh pasar, dan pendapatannya meningkat sekitar 103,2% YoY menjadi sekitar 128 juta HKD pada 2019 dari sekitar 63,0 juta HKD pada 2018.

GeneSoft® membukukan peningkatan yang stabil dalam pendapatannya, meningkat 10,7% YoY dari sekitar 27,1 juta HKD menjadi 30 juta HKD. Peningkatan ini terutama disebabkan oleh kerjasama strategis antara Grup dan CR Zizhu untuk memperluas saluran distribusi. Dengan penerapan strategi baru dan kemajuan yang baik dalam penelitian bioequivalen (BE), pendapatan Pinup® meningkat sebesar 58,2% dari sekitar 29,4 juta HKD menjadi sekitar 46,5 juta HKD pada 2019. Grup berharap bahwa Pinup® akan menjadi BE kedua yang disetujui vorikonazol di pasaran.

Biaya penjualan untuk tahun ini meningkat 58,2% dari 17,7 juta HKD pada 2018 menjadi 27,9 juta HKD pada 2019. Laba kotor naik 54,3% YoY dari sekitar 117,6 juta HKD pada 2018 menjadi 181,5 juta HKD pada 2019, terutama karena peningkatan pendapatan. Margin laba kotor tetap stabil di 86,7% (2018: 86,9%). Selama tahun ini, Grup mereorganisasi dan merestrukturisasi tim penjualan langsung untuk mencapai efisiensi yang lebih tinggi. Persentase penjualan dan biaya distribusi dalam turnover menurun sebesar 14,5 poin persentase dari 85,8% pada 2018 menjadi 71,3% pada 2019.

Struktur Grup telah berubah dari struktur organisasi divisi menjadi struktur organisasi fungsional dengan unit bisnis tertentu, yang mengarah pada penghematan dan efisiensi tambahan dengan menggabungkan fungsi pendukung menjadi satu. Penghematan besar telah terlihat dari restrukturisasi tersebut dengan biaya umum dan administrasi turun 20,6% dari HK $ 74,8 juta pada 2018 menjadi HK $ 59,4 juta pada 2019.

Grup terus fokus pada penelitian dan pengembangan dengan menginvestasikan 42,7 juta HKD pada 2019, hampir sama dengan 2018 yaitu 44,2 juta HKD. Dengan pertumbuhan pendapatan yang kuat dan langkah-langkah pengendalian biaya dan pengeluaran yang ketat, Grup mencapai profitabilitas tahun ini, strategi efektif yang sangat berhasil. Dibandingkan dengan kerugian sekitar 107,9 juta HKD untuk tahun yang berakhir 31 Desember 2018, Grup mencatat laba sebelum bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi sekitar 28,4 juta HKD pada tanggal 31 Desember 2019. Laba untuk tahun ini sebesar 2,5 juta HKD dengan laba per saham dasar sebesar 0,04 sen HKD, menandai perputaran dari kerugian sebesar 138,6 juta HKD atau kerugian dasar per saham sebesar HK2,24 sen pada 2018.

Sedangkan Prestasi-prestasi besar yang diraih pada 2019, GeneTime® (EGF spray untuk Penyembuhan Luka) mencatat pertumbuhan yang signifikan, meningkat sebesar 103,2% YoY menjadi sekitar 128 HKD juta. Uni-Bio Science dan Kai Ping Shi Jian Bao Zhen Tourism Development Company Limited (??????????????) menandatangani letter of intent pada kerangka kerja sama strategis untuk pembangunan bersama dan operasi manajemen penyakit kronis dan fasilitas rehabilitasi di Greater Bay Area. Perjanjian tersebut diharapkan membawa manfaat bagi penjualan jangka panjang dari produk penyakit kronis Grup, yaitu rhExendin-4 (Uni-E4) dan rhPTH (1-34) (Uni-PTH yang akan segera diluncurkan) digunakan masing-masing dalam pengobatan diabetes dan osteoporosis.

Proyek industrialisasi Uni-PTH (Teriparatide) milik group disetujui oleh Zhongguancun Science Park Management Committee sebagai proyek industri yang sangat canggih, yang menunjukkan bahwa proyek ini memiliki signifikansi klinis yang penting dan potensi komersial. Setelah proyek disetujui, Grup telah menerima bantuan pemerintah pertamanya sebesar 10 juta RMB pada April 2019. Danatersebut akan digunakan untuk mendukung optimalisasi dan peningkatan jalur produksi produk, melindungi hak kekayaan intelektual independen dan teknologi inti utama, dan melakukan promosi pasar untuk mempersiapkan peluncuran produk secara resmi.

Uni-Bio Science sukses menyelesaikan penempatan swasta 30 juta HKD saham baru untuk investor strategis baru, CHMT Peaceful Development Fund Management Limited. Investor ini adalah multi-strategi yang berinvestasi dalam ekuitas swasta global dan pasar publik Dana tersebut, yang asetnya dikelola melebihi 5 miliar dolar AS. Hasil dari penempatan akan digunakan untuk memulai tiga proyek kerja sama baru, dengan demikian semakin memperkuat cakupan portofolio produk Grup.

Triazole, faktor pertumbuhan epidermis manusia rekombinan dan produk kelas glinida kembali dimasukkan dalam Katalog Asuransi Kesehatan Nasional pada tahun 2019. Hal tersebut semakin membuktikan bahwa produk utama yang dijual oleh Grup memiliki potensi pasar yang kuat, yaitu GeneTime® (solusi eksternal faktor pertumbuhan epidermal manusia rekombinan biofarmasi yang dipatenkan (I)), Pinup® (Tablet Voriconazole, bahan kimia yang dipatenkan) dan Bokangtai® (tablet kalsium Mitiglinide). Grup mengharapkan pertumbuhan yang signifikan dan berkelanjutan dari produk-produk di atas dalam waktu dekat.

Grup telah menyelesaikan semua percobaan evaluasi konsistensi Pinup® (Voriconazole oral tablet), obat utama untuk pengobatan infeksi jamur parah. Dokumen telah diserahkan ke Administrasi Produk Medis Nasional ("NMPA") pada bulan Agustus 2019. Grup mengharapkan untuk mendapatkan sertifikasi penilaian konsistensi pada paruh kedua tahun 2020. Dengan menyelesaikan penilaian konsistensi, Grup akan berada dalam posisi yang baik untuk masuk ke daftar pengadaan obat terpusat dan bersaing dengan rekan yang juga telah lulus penilaian konsistensi.

Uni-PTH, satu-satunya obat anabolik yang efektif dalam meningkatkan kepadatan tulang dan mengurangi kemungkinan patah tulang belakang dan pinggul, sebentar lagi akan segera diresmikan. Pada bulan Desember 2019, Grup mengirimkan informasi obat tambahan ke Pusat Evaluasi Obat (CDE), dan injeksi bubuk lyophilized Uni-PTH diharapkan akan diluncurkan pada paruh kedua tahun 2020 setelah mendapatkan persetujuan registrasi obat.

NMPA secara resmi menerima aplikasi Grup untuk mregistrasi Boshutai® (tablet Acarbose) sebagai obat kimia Kategori IV pada Januari 2019. Grup sedang bersiap untuk mengirimkan informasi tambahan dan berharap untuk mendapatkan nomor persetujuan untuk pendaftaran varietas pada paruh kedua tahun 2020. Untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya, Grup akan lebih mengoptimalkan struktur biaya melalui pengendalian internal dan kerjasama eksternal, sementara struktur biaya yang lebih ramping dapat meningkatkan tingkat penetrasi pasar Grup dan meningkatkan pangsa pasar dengan investasi pemasaran yang terbatas.

Uni-E4, obat biologis inovatif yang dikembangkan sendiri oleh Grup, adalah kelas perawatan anti-diabetes yang disebut agonis GLP-1 dan kandidat perawatan non-insulin yang merangsang jalur incretin. Ini adalah agen GLP-1 yang diekspresikan secara biologis penuh pertama di dunia. Dengan proses pembuatan ekspresi biologis yang unik bersama dengan keunggulannya dalam biaya dan harga, Uni-E4 memiliki potensi untuk menjadi pesaing utama obat GLP1 di pasar samudra biru Tiongkok. Proyek ini sedang dalam pengembangan sesuai jadwal. CDE telah menerima aplikasi Grup untuk menjembatani percobaan formulasi injeksi pena Uni-E4 yang baru pada Desember 2019. Grup mengharapkan penelitian klinis bridging injeksi Uni-E4 akan dimulai pada tahun 2020, dan obat akan diluncurkan setelah selesai pendaftaran dengan NMPA paling cepat pada 2022.

Prospek Kedepan

Pasar farmasi Cina terus tumbuh dalam beberapa tahun terakhir, diperkirakan skalanya akan mencapai 161,8 miliar HKD pada 2023 atau 30% dari pasar global. Industri ini secara bertahap mengalihkan fokusnya dari obat generik ke pengembangan perawatan asli dan inovatif. Untuk mengurangi ketergantungan pada impor, pemerintah pusat telah memperkenalkan serangkaian kebijakan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk pengembangan pusat-pusat klinik multinasional, pembagian data klinik secara global, percepatan prosedur persetujuan obat inovatif dan penguatan perlindungan data klinik. Sejak itu, kecepatan persetujuan obat meningkat 62%, dan produk biologis yang baru disetujui pada 2018 melonjak hingga 450% tahun-ke-tahun.

Dewan Negara telah membuat pengaturan baru untuk organisasi nasional dan reformasi pengadaan pusat (program percontohan 4 + 7). Ini termasuk memperluas ruang lingkup uji coba untuk pengadaan terpusat dan penerapan obat generik ke seluruh daratan, yang mencakup 11 kota besar seperti Shanghai dan Beijing, dan memperluas penerapan jenis obat. Diharapkan bahwa 80% dari obat penjualan oral terlaris akan dimasukkan dalam program percontohan 4 + 7 dalam tiga tahun ke depan. Acarbose telah dimasukkan dalam daftar dan ada kemungkinan bahwa Pinup® juga dapat dimasukkan dalam 3 tahun ke depan.

"Sesuai rencana strategis kami, pada tahun 2019, Grup telah banyak berinvestasi pada penelitian dan pengembangan obat-obatan di bidang gangguan metabolisme kronis, seperti diabetes dan osteoporosis, serta faktor pertumbuhan epidermal. Dalam menghadapi pertumbuhan populasi yang menua, kami bekerja sama dengan Kai Ping Shi Jian Bao Zhen Tourism Development Company Limited untuk membangun fasilitas perawatan kesehatan dalam menangani meningkatnya kebutuhan pasien dengan penyakit kronis. Kami percaya bahwa kerja sama ini akan sangat bermanfaat bagi pengembangan Uni-E4 dan Uni-PTH dan semakin meningkatkan pengetahuan teknis kami di bidang diabetes dan osteoporosis. Feedback positif yang diterima dari CDE dan NMPA menegaskan bahwa produk penelitian kami akan dirilis sesuai jadwal dan mengkonsolidasikan keunggulan kompetitif kami di pasar. Menanggapi program percontohan 4 + 7, kami secara aktif mencari mitra strategis, terutama pada lini produk generik kami untuk mengoptimalkan biaya produksi dan menghasilkan keunggulan kompetitif yang lebih tinggi. Dalam jangka pendek, kami tetap fokus dalam mendorong proses aplikasi obat kami, membangun kemitraan strategis, serta lebih mengoptimalkan struktur penjualan dan pemasaran. Dalam jangka menengah hingga panjang, kami akan memanfaatkan kekuatan utama penelitian dan pengembangan obat biologis yang inovatif, khususnya pandangan ke arah membangun saluran terbaik di kelasnya, dan mengurangi fokus pada obat-obatan generik, dengan harapan dapat menciptakan hasil yang bermanfaat bagi pemegang saham," beber Kingsley Leung, Kepala dari Uni-Bio Science, Rabu (01/04/2020).


Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top