• Home
  • MediaOutReach
  • Enam Bulan Riset, Trend Micro Sukses Ciptakan Honeypot Industri dan ‘Penangkal’ Serangan Berbahaya

Enam Bulan Riset, Trend Micro Sukses Ciptakan Honeypot Industri dan ‘Penangkal’ Serangan Berbahaya

Rabu, 22 Januari 2020 | 11:42

HONG KONG, RIAUGREEN.COM Media OutReach – Pemimpin global dalam solusi keamanan siber, Trend Micro Incorporated (TYO: 4704; TSE: 4704), Selasa (22/01/2020) mengumumkan hasil enam bulan simulasi honeypot yang mirip dengan sistem kerja sebuah linkungan industri. Honeypot Teknologi Operasional (OT) yang sangat canggih telah berhasil menyaring penipuan dan eksploitasi yang menargetkan pencurian keuangan di lingkungan perusahaan.

Trend Micro melakukan investigasi selam enam bulan mengungkapkan bahwa lingkungan industri yang tidak aman pada dasarnya telah menjadi target utama serangan cyber. Honeypot dikompromikan untuk penambangan cryptocurrency, ditargetkan oleh dua serangan ransomware terpisah, dan digunakan peretas untuk menipu konsumen.

Greg Young, Wakil presiden cybersecurity untuk Trend Micro, menerangkan, sering kali pembahasan ancaman sistem kontrol industri (ICS) terbatas pada serangan canggih, tingkat negara, dan target yang mengganggu proses utama. Meskipun ini memang berisiko bagi Industri 4.0, penelitian Trend Micro membuktikan bahwa serangan umum lebih sering terjadi.

"Oleh sebab itu, pemilik pabrik dan pabrik industri tidak boleh beranggpan bahwa mereka luput menjadi sasaran penjahat cyber. Kurangnya perlindungan dasar dapat membuka pintu ke ransomware yang relatif mudah atau serangan cryptojacking yang dapat memiliki konsekuensi serius mempengaruhi kelangsungan hidup perusahaan," bebernya.

Untuk lebih memahami serangan yang menargetkan lingkungan ICS, Trend Micro Research menciptakan prototipe perusahaan industri yang sangat miriop. Honeypot terdiri dari perangkat keras ICS nyata dan berbagai host fisik dan mesin virtual untuk menjalankan industri, terdiri dari beberapa pengontrol logika yang dapat diprogram (PLC), antarmuka manusia mesin (HMI), robot workstation dan teknik terpisah dan server file.

Trend Micro sangat menyarankan para pemimpin pabrik pintar untuk meminimalkan pembukaan port jaringan ke dunia luar dan menerapkan kebijakan kontrol akses yang ketat. Selain itu, pembangunan beberapa produk keamanan informasi jaringan yang dirancang khusus untuk arsitektur lingkungan pabrik industri, seperti solusi yang disediakan oleh Trend Micro, juga dapat membantu mengurangi risiko serangan cyber yang semakin canggih.

Untuk informasi lebih lanjut tentang penelitian ini, termasuk desain dan penyebaran honeypot itu sendiri, silakan kunjungi: https://www.trendmicro.com/vinfo/hk/security/news/internet-of-things/fake-company-real- ancaman-log-dari-smart-pabrik-honeypot.


Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top