• Home
  • MediaOutReach
  • Jumlah Penjualan TCL Electronics Meningkat Dua Kali Lipat di Pasar India dan Indonesia

Jumlah Penjualan TCL Electronics Meningkat Dua Kali Lipat di Pasar India dan Indonesia

Sabtu, 16 November 2019 | 15:20

SHENZHEN, RIAUGREEN.COM – EQS Newswire – Pangsa pasar TCL Electronics dari pengiriman TV mencapai 14,3% pada paruh pertama tahun 2019, naik 2,5 poin persentase tahun ke tahun di pasar TV global. Berdasarkan data dari Sigmaintell, TCL Electronics yang sebelumnya berada di peringkat ketiga mengungguli LG naik ke peringkat dua dalam hal pangsa pasar. TCL Electronics adalah satu-satunya merek Cina di antara tiga merek teratas, dan satu-satunya perusahaan yang mencapai peningkatan dalam pangsa pasar penjualan.

Prestasi yang dicapai oleh TCL Electronics terutama disebabkan, di satu sisi, pada semester pertama tahun ini, volume penjualan TV merek TCL di Cina meningkat sebesar 6,9%, meskipun jumlah penjualan ritel pasar TV di PRC keseluruhan turun sebesar 4,3%. Di sisi lain, perusahaan terus mengalami peningkata mengagumkan di pasar luar negeri.

Selama periode tersebut, Jumlahj penjualan TV merek TCL di pasar luar negeri meningkat secara signifikan sebesar 49,8% Tahun ke tahun menjadi 7,07 juta unit. Selain itu, Jumlah penjualan di berbagai pasar luar negeri tetap tumbuh kuat. Selain peningkatan signifikan dalam penjualan TV di pasar Amerika Utara sebesar 75% pada paruh pertama tahun ini, dan pangsa pasar peringkat kedua, pasar negara berkembang seperti Amerika Selatan, Australia, India, dan Asia Tenggara juga berkembang pesat, dan tingkat pertumbuhan penjualan keseluruhan mencapai 28,8%.

Bahkan, TCL Electronics telah berada di pasar India selama lebih dari satu dekade. Meskipun telah mengalami beberapa pasang surut, pada tahun 2015 perusahaan ini memutuskan untuk kembali go internasional, dan pada tahun 2016 menjadi titik awal baru bagi TCL Electronics untuk bersaing di pasar India.

Berbekal basis merek dan pengguna yang telah mapan selama lebih dari sepuluh tahun, serta sistem penjualan dan purna jual, TCL Electronics dengan cepat mengembangkan pasar India. Pada Maret 2019, India memiliki populasi 1,34 miliar, populasi besar kedua setelah China, dan pada tahun 2018 total PDB berada di peringkat ke-7 di dunia. Menurut GfK, kapasitas pasar TV India saat ini adalah 12,5 juta unit, yang hanya menyumbang seperempat dari China. Ini adalah pasar besar dengan potensi pertumbuhan yang kuat.

Untuk memperdalam pasar India, pada akhir 2018, TCL Electronics dan CSOT membangun modul pertama taman industri manufaktur cerdas terintegrasi di Andhra Pradesh di India selatan untuk mencapai cakupan penuh dari produksi hingga penjualan. Setelah selesai kawasan industri, itu akan mencakup produksi TV 32 Inch hingga 65 Inch, dengan kapasitas produksi 6 juta unit. Tidak hanya dapat memenuhi kebutuhan pengembangan lokal merek TCL, tetapi juga menyediakan layanan ODM untuk merek lain.

Investasi besar membawa kinerja bisnis yang bermanfaat. Volume penjualan TV TCL naik 258% dan 216,8% tahun ke tahun pada 2018 dan pada paruh pertama 2019 masing-masing di pasar India. Selain itu, menurut Gfk, dalam tiga kuartal pertama tahun ini, pangsa pasarnya tetap lima besar di pasar TV India. Saat ini, perusahaan ini hadir di sekitar 3.000 supermarket offline dan toko rantai di negara ini, serta mencakup beberapa saluran online, seperti Amazon, Reliancedigital, Croma, dan lainnya. Tren yang kuat seperti itu telah menarik perhatian produsen TV lain seperti Samsung dan LG.

Selain India, Indonesia, negara pulau terbesar di dunia, juga merupakan pasar yang menjanjikan. Pada Maret 2019, Indonesia memiliki populasi 268 juta, terhitung hampir setengah dari populasi Asia Tenggara, peringkat ke-4 di dunia. Potensi pengembangan pasar Indonesia tidak dapat diremehkan karena PDB-nya melebihi 1 triliun USD dan pada tahun 2018 peringkat Nomor 16 di dunia.

Jumlah populasi yang besar telah menarik minat perusahaan elektronik konsumen, termasuk TCL Electronics, untuk berinvestasi di Indonesia. Perusahaan telah secara aktif menyiapkan saluran penjualan online dan offline di pasar Indonesia. Saat ini, saluran online aktif perusahaan terutama mencakup Lazada, JD. ID, Shopee, dan lain-lain, dan saluran offline utama adalah Giant, Hypermart, dll. Oleh karena itu, volume penjualan melonjak sebesar 109,5% di pasar Indonesia pada paruh pertama tahun 2019 tahun ke tahun.

Baik di India maupun di Indonesia, populasi adalah potensi dan keuntungan terbesar. TCL Electronics memiliki keunggulan absolut dalam hal saluran, kapasitas, penjualan, dan pemosisian komprehensif purna jual serta kesadaran merek global. Oleh sebab itu, diharapkan TCL Electronics memiliki masa depan yang cerah dalam pertumbuhan jumlah penjualan dan kinerja bisnis di negara-negara ini.


Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top