Forum Keamanan Pangan Hong Kong 2019 Sukses Digelar

Sabtu, 24 Agustus 2019 | 11:06
Keterangan Foto: (Dari kiri ke kanan) Ibu Erica Ng, Wakil Sekretaris untuk Makanan dan Kesehatan (Food). Ibu Anna Lin, Kepala Eksekutif GS1 Hong Kong. Ibu Vivian Lau, Direktur Makanan & Kebersihan Lingkungan. Hon. Peter Shiu, Anggota Dewan Legislatif dan Wakil Ketua Panel tentang Keamanan Pangan dan Kebersihan Lingkungan dan Ibu May Chung, Dewan Penasihat Industri Makanan & Minuman HK GS1 HK. Serta General Manager Nestlé Hong Kong Limited, sebagai tamu kehormatan Forum Keamanan Pangan 2019

HONG KONG, RIAUGREEN.COM  Media OutReach – GS1 Hong Kong (GS1 HK) sukses menjadi penyelenggara Forum Keamanan Pangan 2019 dengan tema "Teknologi, Inovasi, dan Keamanan Pangan" yang digelar Jumat (23/08/2019). Forum Keamanan Pangan 2019 diadakan bertujuan untuk bertukar gagasan tentang bagaimana memanfaatkan inovasi dan teknologi dalam bidang tersebut, tercatat sekitar 300 pemangku kepentingan industri makanan yang hadir di acara ini.

Termasuk tamu kehromatan yang diundang, diantaranya Lau Lee Kwan, Vivian, JP, Direktur Makanan & Kebersihan Lingkungan, sedangkan Ibu Erica Ng, JP, Wakil Sekretaris untuk Makanan dan Kesehatan (Pangan) 2 dan Hon Peter Shiu Ka-fai, Anggota Dewan Legislatif dan Wakil Ketua Panel untuk Keamanan Pangan dan Kebersihan Lingkungan juga bergabung sebagai pemberi Penghargaan.

Perwakilan dari Pusat Keamanan Pangan (CFS) juga telah mengumumkan bahwa Portal Pedagang Makanan akan diluncurkan pada akhir tahun ini, dan juga akan meningkatkan perdagangan di industri sambil mempertahankan pengawasan impor, dan secara aktif bekerja sama untuk pengembangan. Bersamaan dengan acara Upacara penghargaan Forum Keamanan Pangan 2019, juga digelar Program Pelacakan Sumber Makanan Berkualitas 2019 di tempat yang sama untuk mengakui 20 perusahaan dengan kinerja luar biasa dalam keamanan pangan dan keterlacakan prakteknya.

Diketahui, sembilan puluh lima persen dari suplai makanan Hong Kong berasal dari seluruh dunia. Dihadapkan dengan meningkatnya kompleksitas rantai suplai makanan global, risiko keamanan pangan meningkat, dan teknologi memainkan peran penting dalam mempromosikan keamanan pangan. Dalam pidatonya, Direktur Departemen Kebersihan dan Makanan, Ibu Vivian Lau , mengatakan, Departemen Kebersihan dan Makanan dan Pusat Keamanan Pangan telah berkomitmen untuk menerapkan teknologi dan inovasi untuk meningkatkan efisiensi layanan publik dan untuk menjaga kerja sama yang erat dengan staf industri makanan.

"Untuk mempromosikan keamanan pangan, Departemen Kebersihan dan Makanan sedang mengembangkan dan memperbarui sistem teknologi informasi untuk meningkatkan efisiensi dan peningkatan di berbagai bidang, termasuk kontrol impor makanan, pemantauan, manajemen insiden makanan, dan penelusuran," tuturnya.

Pusat Keamanan Pangan akan meluncurkan portal pedagang makanan

Tse Lai Chi, Manajer Pusat Keamanan Pangan, mengatakan di forum bahwa Pusat Keamanan Pangan juga menyiapkan "Portal Pedagang Makanan" untuk memproses aplikasi impor makanan secara elektronik, serta mengeluarkan instruksi inspeksi makanan dan mengumpulkan pengaturan sampel makanan. Situs web ini baik untuk regulator dan pedagang makanan. Misalnya, penjual makanan dapat menyerahkan dokumen dan memeriksa persetujuan kapan saja, di mana saja, tanpa harus menyentuh departemen pemerintah yang berbeda satu per satu, menghemat waktu dan mengurangi biaya operasi. Situs web ini berisi database dan pengawasan lengkap. Lembaga dapat melacak sumber makanan lebih cepat dan akurat, memperkuat upaya manajemen risiko yang ada, dan memperketat ruang lingkup keamanan pangan. Situs web ini adalah bagian dari jendela perdagangan tunggal Pemerintah SAR Hong Kong dan merupakan situs web bebas bea cukai dan layanan bea cukai online pemerintah.

GS1 HK akan secara aktif bekerja sama dengan langkah ini untuk terhubung dengan platform Asosiasi untuk mempercepat proses pengawasan Pusat Keamanan Pangan dan memfasilitasi aplikasi bisnis.

Perusahaan Komitmen Menjaga Transparansi Rantai Suplai Makanan

Program Pelacakan Sumber Makanan Berkualitasyang ke-5 telah memenangkan 20 perusahaan makanan, 7 di antaranya telah berpartisipasi dalam perusahaan selama lima tahun berturut-turut. Mereka memiliki penekanan besar pada peningkatan keamanan pangan dan standar kualitas produk, mempromosikan rantai nilai makanan dan transparansi operasional. Kontribusi, sementara menunjukkan bahwa industri dan pelanggan semakin memperhatikan keterlacakan makanan.

Tahun ini, GS1 HK berencana untuk menambahkan indikator Respons Konsumen yang Efisien untuk memeriksa apakah organisasi yang berpartisipasi memiliki kemampuan penelusuran dalam rantai pasokan mereka, termasuk dukungan untuk pelacakan dan keterlacakan di operasi, sistem, pemrosesan dokumen, dan identifikasi produk perusahaan. Selain itu, lembaga yang berpartisipasi akan melakukan penilaian komprehensif melalui Standar Pelacakan Global GS1 dan merujuk pada standar keamanan pangan yang didukung oleh Inisiatif Keamanan Pangan Global (GFSI).

Ibu Anna Lin, sebagai Kepala Eksekutif GS1 HK, memberikan ucapan selamat kepada semua pemenang Skema, terutama bagi mereka yang telah memenangkan penghargaan 5 Tahun Berturut-turut, mereka telah menunjukkan upaya jangka panjang dan komitmen dalam menegakkan makanan "Keterlacakan, meningkatkan tingkat keamanan pangan untuk kota.

"Saya harap setiap anggota industri akan meningkatkan langkah-langkah penelusuran mereka, tidak hanya untuk memenuhi persyaratan peraturan, tetapi juga membantu bereaksi terhadap insiden secara efisien dan meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap merek," bebernya.

Pendapat Ibu Anna Lin tersebut diamini oleh May Chung, Ketua Dewan Penasihat Industri Makanan & Minuman Hong Kong GS1 HK dan General Manager Nestlé HK Ltd., "Saya percaya bahwa Keamanan Pangan merupakan tanggung jawab bersama. Saya berharap para pemangku kepentingan di masa depan akan memperkuat kerjasama dan menggunakan teknologi inovatif. Bekerja bersama untuk mengurangi risiko keamanan pangan, Komite berharap dapat memimpin dengan memberikan contoh dengan menyatukan para pemangku kepentingan dalam industri makanan dan minuman untuk mempromosikan standar rantai pasokan makanan dan standar keamanan dan mempromosikan pengembangan industri lokal," tutupnya.

Adapun Daftar Pemenang Skema Keterlacakan Makanan Berkualitas 2019, untuk kategori Penghargaan Diamond Enterprise, Pemenang Diamond Enterprise, Café de Coral Holdings Ltd, FrieslandCampina (HK) Limited, Hop Hing Oils & Fats (HK) Ltd, Maxim's Caterers Ltd (5 Tahun Berturut-turut), Nestlé Hong Kong Ltd, Sims Trading Co. Ltd (5 Tahun Berturut-turut), Swire Coca-Cola HK (5 Tahun Berturut-turut), Tsit Wing International Holdings Ltd (5 Tahun Berturut-turut), Vitasoy International Holdings Ltd, Wyeth Nutrition Hong Kong (5 Tahun Berturut-turut). 

Sedangkan Pemenang Penghargaan Perusahaan Emas, AEON Stores (HK) Co. Ltd (5 Tahun Berturut-turut), DCH Food Mart, DCH Logistics Co. Ltd. (5 Tahun Berturut-turut), Lorence & Co Ltd, Sun Fat Heung Food Products Ltd, Tai Luen Coffee Co. Ltd (Baru bergabung), Tong Shun Hing Poultry (HK) Co. Ltd.

Dan Perusahaan Pemenang Penghargaan Silver, Aquaculture Technologies Asia Ltd, New Food Era Co. Ltd (Baru bergabung), Rich Harvest Agricultural Produce Ltd. Untuk informasi lebih lanjut, silakan kunjungi www.gs1hk.org.


Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top