• Home
  • MediaOutReach
  • Tetra Pak, Gudang Pintar Pertama DHL di Asia Pasifik yang Gunakan Digital Twin Technology

Tetra Pak, Gudang Pintar Pertama DHL di Asia Pasifik yang Gunakan Digital Twin Technology

Rabu, 17 Juli 2019 | 12:31

SINGAPURA, RIAUGREEN.COM Media OutReach – DHL Supply Chain atau jaringan suplai untuk solusi logistik kontrak, telah berhasil menerapkan solusi jaringan suplai terintegrasi untuk gudang Tetra Pak di Singapura, Tetra Pak merupakan salah satu yang terbesar di dunia. Untuk pengelolaan aset fisik, DHL menyebut Tetra Pak adalah gudang pintar pertama untuk DHL di Asia Pasifik yang menggunakan 'Digital Twin Technology' atau teknologi kembar digital.

Seperti yang dijelaskan Jerome Gillet, CEO, DHL Supply Chain Singapura, Malaysia, dan Filipina. Tetra Pak adalah perusahaan yang berspesialisasi dalam menyediakan solusi pemrosesan dan pengemasan makanan terkemuka di dunia untuk melayani kebutuhan dari ratusan juta orang di lebih dari 160 negara dan wilayah.

"Kami Sangat senang berkontribusi dalam visi mereka untuk membuat makanan aman dan tersedia di mana-mana. Kerjasama dengan solusi digital untuk mendukung Tetra Pak dan operasi pergudangan dan transportasi DHL adalah contoh yang sangat baik untuk gudang pintar masa depan untuk menyediakan operasi jaringan logistik secara cepat, dan efektif.," tuturnya dalam rilis yang diterima, Selasa 16 Juli 2019.

Lanjut Gillet, dengan mengkombinasi teknologi Internet of Things (IoT) dan analitik data, DHL Supply Chain menciptakan solusi gudang cerdas (Tonton videonya disini) untuk Tetra Pak dengan mempertemukan gudang fisiknya dengan representasi virtual unik yang memantau dan mensimulasikan kondisi fisik dan perilaku gudang aset secara real time. Dengan solusi kembar digital ini, Tetra Pak dapat mempertahankan koordinasi 24/7 dari operasinya untuk menyelesaikan saat terjadi masalah, terutama yang menyangkut keselamatan dan produktivitas.

Pengawas gudang dapat menggunakan data operasional real-time untuk membuat keputusan yang tepat mengurangi kemacetan, meningkatkan perencanaan sumber daya dan mengalokasikan beban kerja. Menggunakan IoT dan sensor proximity pada Material Handling Equipment (MHE), kesadaran ruang yang ditingkatkan, sehingga mengurangi potensi risiko tabrakan. Area terkendali dengan akses terbatas juga dimonitor dengan manajemen peringatan.

Kemudian, Menara kontrol DHL memantau aliran barang yang masuk dan keluar untuk menjaga efisiensi waktu, memastikan barang disimpan dengan benar dalam waktu 30 menit setelah diterima, barang yang sudah terpaket untuk pengiriman siap dikirim dalam waktu 95 menit.

Untuk mengurangi risiko operasional dan meningkatkan keselamatan, DHL Supply Chain telah menerapkan solusi manajemen penyimpanan kontainer yang meringankan kerja karyawan untuk menangani kontainer berat, dan dibekali pelatihan serta langkah-langkah keselamatan baru untuk Semua karyawan.

"Inovasi selalu menjadi inti dari apa yang kami lakukan di Tetra Pak. Untuk mempertahankan operasi yang berkelanjutan, penting bagi kami untuk memiliki solusi gudang dan rantai pasokan tambahan yang dapat memenuhi permintaan pelanggan yang tinggi. Kami sangat senang dengan keberhasilan penyebaran gudang pintar ini dan berharap dapat bekerja sama dengan Rantai Pasokan DHL untuk lebih meningkatkan produktivitas dan mempertahankan standar keselamatan yang tinggi dalam operasi jaringan logistik DHL," ujar Devraj Kumar, Direktur, Logistik Terpadu, Asia Selatan, Asia Timur & Oseania, Tetra Pak.

Rekam jejak DHL Supply Chain pada pengetahuan dan keahlian yang diperoleh melalui operasi internasionalnya untuk memenuhi persyaratan pelanggan lokal telah terbukti di Singapura, peluang yang besar bagi DHL untuk memperluas dan memperkuat bisnisnya di negara ini. DHL juga menawarkan solusi logistik pihak ketiga (3PL), yang memungkinkan pelanggan untuk melakukan outsourcing sepenuhnya terhadap manajemen dan operasi logistik mereka.

Solusi tersebut mencakup manajemen gudang, transportasi domestik, logistik suku cadang layanan, desain dan daur ulang pengemasan, semua tersedia melalui solusi teknologi informasi canggih dan teknik manajemen proyek yang mumpuni.

Sebagai informasi, DHL akan merayakan 50 tahun pada tahun 2019 ini sejak perusahaan didirikan oleh tiga pengusaha di San Francisco pada tahun 1969. DHL sekarang menjadi merek global utama dalam bidang logistik. DHL memiliki portofolio layanan besar dari pengiriman pos dan paket pos domestik dan internasional; pengiriman barang melalui saluran e-commerce, pengiriman cepat melalui darat, laut dan udara ke manajemen jaringan logistik industri.

Tak hanya itu, DHL dengan menyediakan solusi khusus untuk pasar maju, industri, termasuk teknologi, kesehatan, biologi, energi, otomotif dan ritel plus Secara tradisional sebagai pemimpin dalam melaksanakan tanggung jawab untuk berkontribusi kepada masyarakat dan hadir di banyak pasar berkembang, DHL telah dikenal sebagai perusahaan logistik untuk seluruh dunia. Dengan lebih dari 380.000 karyawan yang bekerja di lebih dari 220 negara dan wilayah.


BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top