Mengenal Vitiligo, Penyakit Kulit yang Sedikit Orang Tahu

Rabu, 26 Juni 2019 | 14:16

SINGAPURA, RIAUGREEN.COM  Media OutReach  25 Juni 2019 Untuk membantu meningkatkan kesadaran bagi masyarakat akan penyakit kulit yang dikenal sebagai vitiligo, pada 25 Juni telah ditetapkan sebagai Hari Vitiligo Dunia, tahun 2019 merupakan peringatan yang kedelapan kalinya sejak ide ini dicetus, seperti diketahui sekitar 1 dari setiap 100 orang di seluruh dunia terpapar oleh oleh Penyakit ini.



Vitiligo menyebabkan kulit seseorang kehilangan pigmennya, menghasilkan bercak kulit yang berubah warna, yang dikenal sebagai makula. Penyakit ini biasanya terjadi sebelum usia 20 tahun. Walaupun penyebabnya masih belum diketahui, faktor-faktor seperti stres, genetik, paparan racun dapat memicu proses depigmentasi kulit.

Meskipun bercak kulit tidak mengancam jiwa, mereka dapat mempengaruhi kesehatan mental dan emosional pasien vitiligo. Karena kesalahpahaman tentang vitiligo yang menular, penderita diketahui acapkali menjadi sasaran bullying dan bahkan pengucilan sosial, yang menyebabkan banyak orang menderita harga diri yang rendah dan trauma secara psikologis.

Untuk menghentikan penyebaran perubahan warna dan mengembalikan pigmen dalam banyak kasus, penderita vitiligo harus melakukan yang terbaik untuk memeriksakan diri ke dokter karena perawatan dini dan tepat disinyalir dapat membantu untuk menghentikan penyebaran penyakit ini lebih jauh.

Bagi penderita juga disarankan untuk tidak melakukan pengobatan sendiri atau pengobatan tradisional, karena cara ini bukan merupakan cara yang tepat tetapi bahkan memperburuk situasi mereka saat ini.

Salah satu fasilitas spesialis yang menyediakan beragam perawatan komprehensif adalah Novena Vitiligo Medical Centre di Singapura. Ini adalah pusat medis vitiligo pertama di Singapura dan Asia Tenggara yang hanya berfokus pada pengobatan vitiligo dengan menggunakan teknologi canggih.

Di Novena Vitiligo Medical Center, pasien akan diberikan perawatan khusus, tergantung pada kebutuhan spesifik mereka. Setiap pasien akan diberikan pemeriksaan menyeluruh dari gejala fisiknya oleh dokter ahli. Selain memeriksa ukuran dan tingkat depigmentasi, pasien juga akan ditanya tentang riwayat perawatan sebelumnya dan kebiasaan gaya hidup. Hanya dengan begitu para dokter akan merekomendasikan perawatan terbaik untuk pasien.

Diantara berbagai perawatan yang dilakukan oleh Vitiligo Medical Center, yaitu Pemberian Obat, terdiri dari Empat jenis obat eksklusif, dari campuran khusus antioksidan oral. Kemudian Fototerapi, Menggunakan teknologi mutakhir seperti Waldmann UV Therapy System atau lampu excimer VTRAC 308nm. Kemudian Pencangkokan, Vitiligo Medical Center menawarkan pencangkokan kulit dan blister, selanjutnya Transplantasi Melanosit, Sel pembentuk pigmen, atau melanosit, dari kulit yang sehat ditransfer ke daerah yang mengalami depigmentasi.

Adanya berbagai pilihan perawatan dapat membantu penderita vitiligo untuk mendapatkan kembali warna kulit, memulihkan kepercayaan diri mereka, serta menjalani hidup sesuai dengan yang mereka inginkan. Segera dapatkan informasi pengobatannya di https://www.novenavitiligo.com/


Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top