• Home
  • MediaOutReach
  • Forum ASVDA di InnoVEX 2019 Bahas Strategi Startup di Asia Tenggara

Forum ASVDA di InnoVEX 2019 Bahas Strategi Startup di Asia Tenggara

Selasa, 11 Juni 2019 | 21:31
Narasumber Forum Ekosistem Startup ASVDA

TAIPEI, TAIWAN  Media OutReach  4 Juni 2019 InnoVEX 2019 yang digelar oleh Asosiasi Komputer Taipei (TCA) dan TAITRA berlangsung di Taipei, Taiwan, mulai dari tanggal 29-31 Mei 2019. Acara ini tidak hanya menghadirkan para ahli dari 25 negara dan teritori dan pertemuan besar dengan partisipasi 467 startup (startup) teknologi internasional, tetapi juga dikemas dengan pertunjukan pitch, forum, kompetisi, dan membahas strategi yang saling menguntungkan.

Salah satu dari banyak acara yang menarik perhatian para startup untuk menjajaki startup mereka di Jepang, Singapura, Prancis dan AS, selama InnoVEX 2019 adalah ekosistem startup dari Asian Silicon Valley Development Agency (ASVDA). Sesi acara ini mengundang pembicara terkenal seperti Mr. Masashi Sato Direktur Senior Institut Penelitian Nomura, Bapak Jeff Karp Profesor Universitas Harvard (AS), Bapak Laurent Le Guyader Ketua Tim Komunitas dan Anggota Dewan dari La French Tech Taiwan. Dave Ng Direktur Eight Roads Venture Capital di Asia Tenggara, meemberikan pidato sebelum mengambil bagian dalam diskusi yang dimoderatori oleh David Weng, General Manager dari Taiwania Capital Management Corporation.

Studi pasar secara menyeluruh penting untuk pasar Jepang

Pada sesi pidatonya, Mr Masashi Sato menyatakan bahwa pasar di Jepang sangat sensitif dan karenanya mengharuskan para startup untuk menentukan tren pasar secara menyeluruh. Jepang saat ini menghadapi tingkat kelahiran yang sangat rendah, yang menyebabkan penurunan tajam dalam tenaga kerja di sebagian besar sektor. Perkembangan yang akan segera terjadi ini menimbulkan kekhawatiran bagi pemerintah dan perusahaan tetapi juga memberikan peluang dalam perawatan kesehatan, otomasi, dan aplikasi terkait untuk startup teknologi.

Lebih lanjut Sato menyebutkan bahwa ada kekurangan pemodal ventura swasta tetapi banyak CVC (modal ventura perusahaan), ia mengingatkan para startup yang hadir untuk secara aktif terlibat dengan CVC karena mereka dibentuk oleh para pemimpin industri, dimana banyak dari mereka mencari teknologi dan ide inovatif.

Sementara Bapak Dave Ng, Direktur Perusahaan Investasi Jalan Eight Roads di Asia Tenggara juga merupakan salah satu investor Alibaba pada sesi itu juga berbagi wawasan tentang potensi dan peluang besar untuk semua startup teknologi di Asia Tenggara. Dave Ng menyebutkan bahwa Asia Tenggara memiliki populasi 650 juta dengan tingkat pendapatan yang terus meningkat, sehingga menciptakan banyak peluang.

"Tetapi tentu saja, disertai dengan banyak risiko. Dibandingkan dengan banyak wilayah lain di dunia, Asia Tenggara menyaksikan lompatan teknologi, sebagian besar populasi di Asia Tenggara beruntung memiliki pengalaman Internet pertama mereka melalui telepon pintar, sementara untuk beberapa bagian dunia lainnya membutuhkan lebih dari satu dekade. Namun, karena ketidakseimbangan infrastruktur, layanan perbankan yang normal seperti ATM tidak akan layak atau realistis untuk wilayah Asia Tenggara," sebutnya.

Bapak Ng menggaris bawahi, karena ada sekitar 10 negara di kawasan Asia Tenggara, startup teknologi harus beradaptasi dengan setidaknya 10 budaya dan 10 pemerintah karena masing-masing memiliki karakteristik yang berbeda. Karena itu, lokalisasi sangat penting.

Prancis: Kombinasi budaya dan teknologi tinggi

Dari sudut pandang Laurent Le Guyadar dari La French Tech Taiwan, memaparkan banyak peluang yang muncul ketika Taiwan dan Prancis bekerja sama. Menurutnya, La French Tech adalah salah satu mekanisme pendukung utama dan alat yang digunakan oleh Perancis untuk mempromosikan pengembangan teknologi yang muncul. Prestasi ini adalah hasil dari kerja panjang di Taiwan yang dilakukan oleh perusahaan swasta Prancis, lembaga Prancis, dan upaya banyak perusahaan lainnya.

Tujuan dari "La French Tech Taiwan" adalah untuk secara signifikan meningkatkan jumlah program percepatan start-up dan program inkubasi yang mempromosikan inisiatif baru menuju pengembangan Perancis dan Taiwan pada inovasi dan teknologi baru, untuk mempromosikan daya tarik Prancis ke startup Taiwan.


Loading...
BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top