• Home
  • Lingkungan
  • Kabupaten Pelalawan Optimis Bisa Meraih Penghargaan Adipura

Kabupaten Pelalawan Optimis Bisa Meraih Penghargaan Adipura

Selasa, 12 Mei 2015 | 20:20:21
ilustrasi piala penghargaan adipura. (sumber gambar by google picture/internet)
PELALAWAN, RIAUGREEN.COM - Kali pertama Kabupaten Pelalawan  mendapatkan penilaian tahap I (P1) Adipura oleh tim pusat penilai Adipura. Tahap II (P2) dilaksanakan hari ini, Selasa (12/05/2015).

Hari ini, tim Adipura Pusat melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup, menyusuri kawasan kota Kabupaten Pelalawan. Meliputi perumahan, pasar, taman kota, hutan kota, sekolah, Komplek Perkantoran Bhakti Praja, dan Jalan Lintas Timur.

"Penilai terdiri dari tim Adipura Pusat melalui Unit Pelayanan Terpadu (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Provinsi Riau, Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), dan dari akademisi Universitas Riau," ungkap kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kabupaten Pelalawan Syamsul Anwar SH, MH, kepada Riaugreen.com diruang kerjanya, Selasa (12/05/2015).

Syamsul Anwar berharap, Pelalawan mendapat sertifikat, karena masih tahap pembenahan untuk penataan lebih lanjut. Sehingga tahun depan dapat meraih nilai yang tinggi. "Tentunya, piala Adipura dapat diraih. Bahkan jika bisa ditingkatkan meraih Adipura Kencana," kata Syamsul.

Sebelumnya dia meminta, Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) harus memastikan sejumlah titik pantau yang menjadi rekomendasi P1, sudah tertangani dengan baik. Jadi, ketika P2 dimulai hari ini titik pantau dipastikan sudah siap. "Beberapa komponen ada beberapa penilaian dan dinilai perlu pembenahan," ungkapnya.

Lebih lanjut, Syamsul mengatakan, jelang P2 telah membenahi titik pantau yang sudah dilakukan jauh-jauh hari. "Semua dalam kondisi terbaik. Kami optimistis, penilaian kedua Adipura bisa mendapatkan nilai yang maksimal dan akhirnya Pelalawan diharapkan bisa meraih Adipura," katanya.

"Adipura tidak hanya sekadar kegiatan seremonial", lanjut dia, "Namun ini merupakan media pembelajaran bagi masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan lingkungan".

Kepala BLH Kabupaten Pelalawan ini berharap, tim Adipura dapat memantau secara objektif, sesuai dengan kondisi sebenarnya dilapangan. (maulana)




Editor  : Hafiz

BERITA LAINNYA
Satu Lagi Harimau Sumatera Kembali ke Hutan Rimba
Jumat, 04 November 2022 | 13:34
Mengenal Abrasi, Dampak dan Penanggulangannya
Kamis, 16 Juni 2022 | 19:55
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top