• Home
  • Lingkungan
  • Secara Beruntun Dua Bulan Berturut, PT IPB Tumpahkan Minyak Mentah

Secara Beruntun Dua Bulan Berturut, PT IPB Tumpahkan Minyak Mentah

Jumat, 5 Desember 2014 | 11:53:32
Tumpahan CPO PT IPB DUMAI beberapa waktu lalu
DUMAI, RIAUGREEN.COM - Perusahaan pengolahan minyak mentah kelapa sawit, PT Inti Benua Perkasatama (IBP) di Kota Dumai Riau kembali dikabarkan mengalami kejadian tumpahan minyak yang meluber ke wilayah perairan setempat.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Dumai Bambang Suryanto tidak membantah peristiwa ini dan telah menurunkan tim petugas pengawas ke lokasi perusahaan tersebut yang berada di Kelurahan Lubuk Gaung Kecamatan Medang Kampai.

"Petugas telah diturunkan ke lokasi tumpahan, dan informasi sementara minyak hanya meluber ke bawah akibat salah satu tangki penuh saat pengisian," kata dia, Kamis 4 Desember 2014.

Dia mengaku juga telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat dalam menindaklanjuti kejadian tumpahan minyak yang sebelumnya juga baru terjadi pada November lalu di perusahaan tersebut.

Menurutnya, luberan minyak terjadi pada Kamis sekitar pukul 07.00 WIB pagi kemarin, dan pihak perusahaan sudah melaporkan kejadian ini ke pihak KLH Dumai.

"Kejadian ini masih didalami, apakah benar tumpah ke perairan atau sekedar meluber saja di sekitar tangki," jelasnya.

Dia menegaskan, jika hasil penyelidikan mengindikasikan kejadian tumpahan minyak ini kembali cemari perairan akibat kelalaian, tentu saja pemerintah akan mengambil tindakan tegas karena telah terjadi berulang kali.

"Kita tunggu hasil penyelidikan tim KLH, dan jika terbukti kembali mencemari perairan karena lalai, maka pemerintah akan mengambil tindakan tegas," ungkpanya.

Humas PT IBP Dumai Sarmin ketika dikonfirmasi wartawan melalui pesan singkat membantah adanya terjadi tumpahan CPO diareal perusahaan PT IBP."Tidak ada" balasnya.

Sebelumnya, pada 16 November 2014 lalu, sebanyak enam tangki timbun PT IBP tumbang dan menyebabkan ribuan ton minyak kernel kelapa sawit meluber ke perairan serta parit sekitar lingkungan pemukiman masyarakat setempat.

KLH Dumai hingga kini masih menunggu hasil kesimpulan uji sampel minyak yang dilakukan Badan Lingkungan Hidup (BLH) Riau untuk mengambil tindakan lebih lanjut.


Penulis : Antara
Editor   : RiauGreen.com
-----------------------------------

BERITA LAINNYA
Satu Lagi Harimau Sumatera Kembali ke Hutan Rimba
Jumat, 04 November 2022 | 13:34
Mengenal Abrasi, Dampak dan Penanggulangannya
Kamis, 16 Juni 2022 | 19:55
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top