• Home
  • Lingkungan
  • Saat Suka Cita HUT RI, BPBD Berjuang Padamkan Karlahut di Rohul Riau

Saat Suka Cita HUT RI, BPBD Berjuang Padamkan Karlahut di Rohul Riau

Sabtu, 17 Agustus 2019 | 23:23
riaugreen.com
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu Justru Sibuk “ berperang” melawan Api Kebakaran Hutan dan lahan (Karlahut).
ROHUL, RIAUGREEN.COM - Ditengah Suka Cita Peringatan Hari Proklamasi Kemerdekaan RI ke 74, Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Rokan Hulu Justru Sibuk " berperang"  melawan Api Kebakaran Hutan dan lahan (Karlahut). 

Hal itu dilakukan BPBD Rohul untuk memastikan masyarakat Rohul "merdeka" dari kabut Asap yang di timbulkan dari Kebakaran Hutan dan lahan yang sudah mulai melanda Rohul Akhir-akhir ini. 

Menurut Pelaksana Harian (Plh) BPBD Rohul Afrzial, tepat pada Hut RI ke 74, Terpantau 2 titik hotspot di Rokan Hulu, namun setelah di pastikan 1 titik berada di perbatasan Rohul-Padang lawas (Sumut) dan 1 titik lagi berada di kecamatan Tambusai dengan Confidence Rendah.  

Sementara, Di kecamatan Rambah, tepatnya desa Koto Tinggi, di dekat Lapangan Garuda, BPBD Rohul menerima Laporan Warga, terkait terjadinya kebakaran Lahan hampir 1 hektar di daerah tersebut. 

Menurut Afrizal, Kejadian kebakaran lahan tersebut terjadi sekitar pukul 13.30 WIB. Kencangnya angin sempat menyebabkan api meluas ke lahan yang berada di sebelahnya. 

"dari keterangan warga sekitar, api disebabkan karena ada warga yang membuka lahan kemudian membakar sedikit-sedikit, karena hembusan angin yang kencang api nya menyebar. Nah, Yang membakar sempat lari tapi kita sudah koordinasi dengan Polsek Rambah untuk mengamankanya dan memproses sesuai Undang-undang Yang berlaku" Tegas Afrizal. 

Untuk memadamkan api lanjut Afrizal, di tanggulangi oleh tim gabungan (DAMKAR POL.PP Rohul,TNI,POLRI,dan BPBD Rohul). Saat ini Lokasi sudah aman, sementara pemilik lahan masih tahap penyelidikan pihak Polri. 

" Kita sudah koordinasi dengan pihak kepolisian untuk mencari pelaku pembakaran, sehingga menimbulkan efek jera" Pungkasnya. (gus)

Loading...
BERITA LAINNYA
Kabut Asap, Dumai Horor di Pagi Hari
Selasa, 03 September 2019 | 14:37
Penampakan Kota Dikepung Asap Karhutla
Rabu, 28 Agustus 2019 | 11:32
Selain ISPA, Ini Penyakit Akibat Kabut Asap
Kamis, 15 Agustus 2019 | 16:23
BERIKAN KOMENTAR
Top