Lokasi Terkini Kebakaran Lahan dan Hutan di Bengkalis

Sabtu, 10 Agustus 2019 | 12:46
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Bengkalis khususnya di Pulau Bengkalis Riau masih terus terjadi.

Adapun lokasi Kebakaran tersebut, di Jalan Sri Mersing Desa Pasiran, Kecamatan Bantan, Jalan Poros Sungai Alam - Selat Baru- Desa Pasiran dan Jalan H Ilyas gang Bebas desa Bantan Tua, Kecamatan Bantan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkalis Tajul Mudaris, Sabtu 20 Agustus 2019.

"Kita terus melanjutkan pemadaman yang terjadi di wilayah kecamatan bantan dan Bengkalis. Untuk penyebab kebakaran sampai saat ini belum bisa di pastikan dan pada saat ini api masih menyala di beberapa titik dan tidak terlalu besar," ungkap Tajul Mudaris.

Diutarakannya, petugas  masih berjibaku memadamkan lahan yang ada didua titik lokasi pertama di Jalam Atika dan satu titik di Jalan Poros Sungai Alam.

Disamping itu, pemadaman itu dilakukan melalui jalur darat oleh petugas gabungan diantaranya, BPBD, TNI, Polri, Damkar, Satpol PP yang hingga saat ini masih berjibaku memadamkan lahan yang masih terbakar.

"Di TKP melalui jalur darat  diperkirakan titik api bisa hidup kembali disebabkan faktor cuaca panas dan angin kencang. Pemadaman juga menggunakan satu unit Helikopter water bombing milik BNPB,"ungkapnya lagi.

Selain itu, masih kata Tajul, petugas dilapangan juga masih berjibaku untuk memadamkan titik api baru yang kembali timbul. Sedangkan untuk sumber air didapatkan dari galian alat berat tadi malam, Jumat 9 Agustus 2019.

"Untuk sampai saat ini kepala api bisa dilumpuhkan melalui pemadaman jalur udara dengan menggunakan water bombing milik BNPB,"ujar Tajul Mudaris.

Dan untuk di kecamatan Bathin Solapan, sejak 9 Agustus 2019 kemarin. Api kembali menyala, lantaran dilokasi Karhutla merupakan tanah gambut tepatnya di Jalan Belakang Tenggi Hitam cucut  RT. 02/RW. 06 Desa Buluh Manis
Bathin Solapan.

Dan untuk di pulau Rupat, ungkap Kalaksa BPBD Bengkalis Tajul Mudaris juga masih terjadi di perkebunan Sawit Jalan Nusantara 3 RT 07 RW 04 Dusun dua Pangkalan Durian desa Darul Aman.

"Api disana kembali hidup dan kebakaran semakin meluas disebabkan angin kencang, saat ini masih dalam upaya pemadaman,  pemadam sulit dilakukan  dikarena kurang nya alat pemadam,"ujarnya lagi.

Dan untuk di Kecamatan Pinggir, Kabupaten Bengkalis kebakaran lahan juga terjadi tepatnya di Dusun Pemesi RT01/RW06 Desa Pangkalan Libut," Untuk penyebab terbakar hingga saat ini belum diketahui, jenis lahan perkebunan sawit. Hingga saat ini petugas masih berjibaku melakukan pendinginan," ujarnya. (wr/ri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Selain ISPA, Ini Penyakit Akibat Kabut Asap
Kamis, 15 Agustus 2019 | 16:23
BERIKAN KOMENTAR
Top