• Home
  • Lingkungan
  • Api Lahap 15 Hektar Lahan Gambut di Perbatasan Bengkalis-Bantan

Api Lahap 15 Hektar Lahan Gambut di Perbatasan Bengkalis-Bantan

Kamis, 08 Agustus 2019 | 18:46
riaugreen.com
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Tanah gambut di beberapa perkebunan milik warga masyarakat di wilayah Kabupaten Bengkalis, hingga hari ini, Kamis 8 Agustus 2019 masih mengalami Kebakaran.

Hal itu juga, membuat petugas gabungan, TNI, Polri, Damkar dan BPBD terus melakukan upaya pemadaman serta pendinginan. Memang, beberapa waktu lalu, ada di beberapa titip sempat dilaporkan padam.

Tetapi dipicu dengan cuaca panas terik dan angin kencang membuat api kembali menyala hingga meluas dari empat kecamatan yang berbeda di Kabupaten Bengkalis, Riau.

Kebakaran tanah gambut di perkebunan warga terjadi diantaranya, di Jalan Poros Sungai Alam, Selat Baru, Desa Pasiran, perbatasan Bengkalis-Bantan. Dan titik api ini terus meluas yang diprediksi sudah 15 hektare perkebunan.

"Hingga saat ini, api masih menyala dibeberapa titik, petugas dilapangan masih berjibaku untuk memadamkan lahan yang terbakar. Pemadaman dilakukan melalui jalur darat dan ditambah alat berat untuk membuat embung air,"ungkap Kalaksa BPBD Bengkalis Tajul Mudaris, Kamis 8 Agustus 2019.

Diutarakan Tajul lagi, Karhutla juga terjadi di Jalan Belakang Tenggi Hitam Cucut, desa Buluh Manis, Kecamatan Bathin Solapan. Disana lahan yang terbakar diperkirakan sebanyak 2 hektare.

"Petugas gabungan, TNI, Polri, Damkar dan BPBD masih melakukan pemadaman. Disamping itu, api juga membakar lahan perkebunan sawit milik masyarakat di Jalan Nusantara 3 Pangkalan Durian, Desa Darul Aman Rupat. Di Rupat, untuk luas lahan yang terbakar belum bisa diperkirakan. Pemadaman dilakukan tim gabungan, Damkar, TNI, Polri, PT SRL, MPA serta perangkat desa dan masyarakat," ungkapnya lagi.

Kemudian, masih kata Tajul, juga dilaporkan telah terjadi Kebakaran sebanyak dua titik di Kecamatan Pinggir. Kebakaran itu dilahan perkebunan sawit di Desa Pangkalan Libut, dan untuk luas lahan yang terbakar sekitar 10 hektare, sedangkan untuk penyebab kebakaran belum diketahui.

"Saat ini masih dilakukan pemadaman, kebakaran itu ada dua titik berbeda," katanya menambahkan. (wra/ri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Kabut Asap, Dumai Horor di Pagi Hari
Selasa, 03 September 2019 | 14:37
Penampakan Kota Dikepung Asap Karhutla
Rabu, 28 Agustus 2019 | 11:32
Selain ISPA, Ini Penyakit Akibat Kabut Asap
Kamis, 15 Agustus 2019 | 16:23
BERIKAN KOMENTAR
Top