• Home
  • Lingkungan
  • Harimau Sumatera Resahkan Warga di Padang Lawas Masuk Perangkap

Harimau Sumatera Resahkan Warga di Padang Lawas Masuk Perangkap

Rabu, 17 Juli 2019 | 12:05
Tribun Lampung
Kondisi harimau Sumatera yang selamat dari jeratan perangkap pemburu liar pada pengamatan 11 Juli 2019 di Lembah Hijau, Bandar Lampung.
PADANG LAWAS, RIAUGREEN.COM  - Seekor Harimau Sumatera yang belakangan ini meresahkan warga di Kecamatan Sosopan dan Ulu Barumun, Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara, akhirnya berhasil ditangkap.

Harimau yang diduga pernah memangsa dan menyerang warga ini terjerat perangkap yang sudah disiapkan petugas di Desa Hutabargot, Sosopan, Selasa (16/7/2019).

 "Iya, harimau sudah berhasil ditangkap dan masuk ke dalam perangkap yang dibuat petugas BKSDA bersama TNI, polisi dan masyarakat," ungkap salah satu warga Ali Bosar Pulungan, Rabu (17/7/2019).

Ali mengatakan, sebelumnya ada hewan ternak dan monyet yang ditemukan mati yang diduga dimangsa harimau. Selain itu, warga menemukan jejak harimau di sekitar lokasi penangkapan.

Berdasarkan informasi, harimau mengalami luka di bagian kaki dan sudah ditangani pihak Badan Balai Konservasi Sumber Daya Alam ( BBKSDA) Wilayah III Padang Sidempuan. Kepala BBKSDA Wilayah III Padang Sidempuan Gunawan Alza mengatakan, saat ini harimau sudah dibawa ke pusat rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya di Sumatera Barat.

BBKSDA Wilayah III Padang Sidempuan mencatat, sepanjang 2019 ada tiga kali gangguan harimau di Kecamatan Sosopan, dan Kabupaten Padang Lawas (Palas), Sumatera Utara.

Dua di antaranya dalam bentuk penyerangan langsung kepada warga yang menyebabkan satu korban meninggal dan satu luka-luka.

 "Dari catatan dan laporan yang kita terima, sepanjang Tahun 2019 hingga Bulan Mei ini ada tiga kali gangguan harimau yang terjadi di wilayah Kabupaten Palas," kata Gunawan beberapa waktu lalu.

Tak hanya itu, harimau juga sempat memangsa dua ekor kambing peliharaan warga.(kompas.com)

Loading...
BERITA LAINNYA
Kabut Asap, Dumai Horor di Pagi Hari
Selasa, 03 September 2019 | 14:37
Penampakan Kota Dikepung Asap Karhutla
Rabu, 28 Agustus 2019 | 11:32
Selain ISPA, Ini Penyakit Akibat Kabut Asap
Kamis, 15 Agustus 2019 | 16:23
BERIKAN KOMENTAR
Top