• Home
  • Lingkungan
  • Terinfeksi Kena Jeratan, Inung Rio Kini Dibawa ke Sumbar

Terinfeksi Kena Jeratan, Inung Rio Kini Dibawa ke Sumbar

Jumat, 29 Maret 2019 | 16:33
Proses penyelamatan Harimau Sumatera Inung Rio
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Kali ini ada kabar gembira datang dari belantara Sumatera, tepatnya di Desa Sangar, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Provinsi Riau.

Tim Rescue Balai Besar KSDA Riau, dengan dibantu dokter dari Yayasan Arsari Dharmasraya kembali berhasil mengevakuasi seekor Harimau Sumatera yang terjerat di hutan restorasi PT. Gemilang Cipta Nusantara (GCN) pada hari Minggu, 24 Maret 2019 lalu.

Dengan bantuan personil PT tersebut akhirnya Tim dapat mencapai lokasi yang dituju. Upaya yang dilalui Tim cukup berat, melewati darat selama 5 jam dilanjutkan naik perahu mesin dan harus terbang dengan menggunakan heli. Belum lagi masih harus berjalan kaki menyusuri lebatnya hutan Sumatera selama 2 km.

Tepat pukul 10.55 WIB, Tim berhasil membius satwa dilindungi tersebut. Harimau berjenis kelamin jantan dengan berat lebih dari 90 kg segera diangkut dengan menggunakan tandu untuk dipindahkan ke perahu mesin. Dengan tanpa kandang kurang lebih selama 1 jam Tim yang terdiri dari drh. Rini Deswita, drh. Andita Septiandini, drh. Dheni Rahmadani, drh. Simamora dan beberapa petugas membawa Harimau terbius tersebut menuju boat untuk dimasukkan ke kandang evakuasi.

Segera Tim melakukan observasi kesehatan lanjutan untuk mengobati kaki satwa yang menunjukan sudah terinfeksi. Tidak lupa diberikan asupan cairan agar menghindari dehidrasi. Saat ini Harimau Sumatera telah dibawa ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya di Sumatera Barat.

Harimau tersebeut diberi nama Inung Rio. Harimau ini sekarang sedang dirawat di pusat rehabilitasi.

Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau menjelaskan, pemberian nama ini untuk identifikasi harimau yang ada di pusat rehalitasi harimau sumatera di Kabupaten Dharmasraya di Provinsi Sumbar. Sebelumnya ada 2 harimau juga yang telah diberi nama.

Kepala Balai Besar KSDA Riau mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu evakuasi penyelamatan satwa liar yang dilindungi tersebut. Dan berharap untuk ke depannya upaya konservasi dapat dilaksanakan secara bersama sama oleh semua pihak. (rdk)

Loading...
BERITA LAINNYA
Selain ISPA, Ini Penyakit Akibat Kabut Asap
Kamis, 15 Agustus 2019 | 16:23
BERIKAN KOMENTAR
Top