• Home
  • Lingkungan
  • Perkembangan Kasus Karhutla di Riau Januari 2019, Rohil Terparah

Perkembangan Kasus Karhutla di Riau Januari 2019, Rohil Terparah

Kamis, 10 Januari 2019 | 10:35
Ilustrasi
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) masih terjadi di Provinsi Riau. Dalam sepekan, sudah 66 hektare hutan dan lahan musnah dilalap si jago merah.

Daerah paling parah dilanda kebakaran adalah Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dengan luas areal yang terbakar 40 hektare. Kemudian daerah lainnya adalah Kabupaten Kampar dengan luas areal 14 hektare.

"Untuk Kabupaten Bengkalis tercatat ada 10 hektare yang terbakar, Kabupaten Rohul ada 2 hektare, Kota Dumai dan Pekanbaru masing masing 1 hektare," kata Kabid Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, Jim Gapur, seperti diberitakan okezone, Kamis (10/1/2019).

Dia mengatakan, kebakaran di berbagai wilayah sudah ada yang berhasil ditangani. Kebakaran di Kabupaten Rohil misalnya, sudah berhasil ditangani di Mamugo, Kecamatan Tanah Putih. Namun menurut laporan, kebakaran mulai muncul kembali.

Kebakaran di Rohil yang merupakan daerah mayoritas lahan gambut terjadi di Kepenghuluan Lenggadai Hilir, Kecamatan Rimba Melintang dan Kepenghuluan Sei Sialang, Kecamatan Batu Hampar.

"Sekarang muncul dua titik api lagi di Rohil," ucapnya.

Untuk melakukan penanganan kebakaran, BPBD bersama TNI dan Polri terus berjaku di lapangan. Pemprov Riau berencana akan menetapkan status siaga darurat kebakaran hutan 2019. Namun semua menunggu rapat bersama. (rdk/rdk)

BERITA LAINNYA
Satu Lagi Harimau Sumatera Kembali ke Hutan Rimba
Jumat, 04 November 2022 | 13:34
Mengenal Abrasi, Dampak dan Penanggulangannya
Kamis, 16 Juni 2022 | 19:55
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top