• Home
  • Lingkungan
  • 55 Hektar Hutan 4 Kabupaten di Riau Terbakar di Awal Januari 2019

55 Hektar Hutan 4 Kabupaten di Riau Terbakar di Awal Januari 2019

Minggu, 06 Januari 2019 | 19:54

PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Kebakaran hutan dan lahan masih terjadi di Provinsi Riau. Sejak 2 Januari hingga kini, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mencatat, sudah 55 hektare lahan dan hutan di Riau yang terbakar. Jumlah itu, tersebar di 4 kabupaten/kota di Riau. 

Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Riau Edwar Sanger mengatakan, adapun 4 kabupaten/kota yang sudah terjadi kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di antaranya, Rokan Hilir (Rohil), Dumai, Kampar dan Bengkalis.

"Yang paling luas itu di Kabupaten Rohil ada 40 hektare, Kabupaten Bengkalis 10 hektare, Kabupaten Kampar ada 4 hektare dan Kota Dumai ada 1 hektare," kata Edwar, Minggu (6/1/2019) dikutip dari jawapos.

Hingga kini kata Edwar, BPBD di masing-masing daerah bersama pihak terkait lainnya seperti Polri, TNI maupun Manggala Agni masih melakukan upaya pemadaman. "Pemadaman masih dilakukan melalui jalur darat, belum ada jalur udara," jelasnya.

Tim gabungan masih melakukan pemadaman di sejumlah daerah. Di antaranya di Jalan Sempadan, Desa Mamugo, Rohil, ada sekitar 50an anggota yang tengah berjibaku dengan api. "Di sini, pemadaman sudah memasuki hari keempat," ucapnya.

Desa Mamugo merupakan daerah yang terparah terjadinya Karhutla. Sebab, api sudah merembet ke Sungai Sembilan, Kecamatan Dumai Barat, Kota Dumai. "Pemadaman dilakukan dengan peralatan seadanya karena lokasinya yang sangat sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat," bebernya.

Selain di Rohil dan Dumai, petugas di daerah lainnya juga tengah melakukan pemadaman. Seperti di Kampar, pemadaman dilakukan di Jalan Garuda Sakti, Kecamatan Tapung. Ini merupakan pemadaman di hari pertama.

Selanjutnya di Desa Bumbung, Kecamatan Mandau, Kabupaten Bengkalis. Ada 7 hektare lahan yang dilahap si jago merah. "Di sini pemadaman baru hari pertama," jelasnya. Selain itu, di kabupaten ini juga terjadi kebakaran di Jalan Pemda, Desa Pamesi, Kecamatan Bathin. "Ada 3 hektare lahan. Total di Bengkalis 10 hektare yang terbakar," sebutnya.

Sembari melakukan pemadaman, petugas juga melakukan patroli dan sosialiasi kepada masyarakat sekitar dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan. Tujuannya agar mereka tidak membuka lahan dengan cara membakar. 

"Diimbau kepada seluruh lapisan masyarakat yang memiliki lahan dan juga perusahaan agar tidak membakar lahan. Karena sudah jelas sanksinya sangat tegas, bisa di penjara. Selain itu, tentunya akibat Karhutla ini akan berdampak kepada masyarakat di Riau maupun daerah tetangga," imbuhnya. (jpc) 


Loading...
BERITA LAINNYA
Satelit Aqua Deteksi 86 Titik Panas di Riau
Selasa, 19 Maret 2019 | 15:01
Belasan Hektar Lahan Gambut di Rupat Terbakar
Kamis, 31 Januari 2019 | 13:51
PT NSP di Riau Diwajibkan Bayar Denda Rp 1 Triliun
Selasa, 08 Januari 2019 | 10:34
Awal Januari, 6 Titik Hotspot Terdeteksi di Riau
Jumat, 04 Januari 2019 | 16:53
BERIKAN KOMENTAR
Top