• Home
  • Lingkungan
  • Atan Bintang, Nama Baru Harimau Riau Terjebak di Lorong Ruko

Atan Bintang, Nama Baru Harimau Riau Terjebak di Lorong Ruko

Minggu, 18 November 2018 | 19:13
DOK. BBKSDA RIAU
Atan Bintang, Nama Baru Harimau Riau Terjebak di Lorong Ruko
RIAUGREEN.COM - Harimau Sumatera yang terjebak di kolong rumah-toko (ruko) di Pulau Burung, Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), berhasil dievakuasi tim Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau, pada Sabtu (17/11) dini hari.

"Tadi sekitar pukul 01.48 WIB tim BBKSDA Riau telah berhasil melakukan pembiusan harimau Sumatera yang berada di kolong ruko Pulau Burung," kata Kepala BBKSDA Riau Suharyono

Setelah harimau tersebut tertidur, Suharyono menambahkan, tim BBKSDA membongkar sebagian fondasi ruko.

"Itu dilakukan agar tim bisa melakukan evakuasi," sebutnya.

Dia juga menambahkan, saat ini harimau tersebut sudah berada dalam kandang evakuasi dan proses penyelamatan dari kolong ruko berjalan dengan aman dan lancar.

"Harimau akan kita bawa ke Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera (PRHSD) yang merupakan lokasi terdekat," tutur Suharyono.

Adapun, harimau yang sudah berhasil dievakuasi tersebut berjenis kelamin jantan dengan perkiraan usia tiga tahun. Harimau tersebut diberi nama Atan Bintang.

"Kami beri nama Atan Bintang. Atan artinya anak bujang (dalam) bahasa Melayu, kalau Bintang karena penyelamatan di tengah malam pas ada bintang. Jadilah kami buat nama Atan Bintang," kata Suharyono.

Di samping itu, Suharyono juga menyebut bahwa terdapat sedikit luka pada harimau yang kini sudah mendapat perawatan.

"Analisa tim medis kami, yang terdiri dari tiga dokter hewan, menemukan adanya luka di kaki kiri depan dan di kaki kanan belakang, yang diperkirakan akibat jerat. Selain itu gigi taring juga ada yang retak, kemungkinan besar karena menggigit jerat. Kini semua luka sedang kami obati," paparnya.

Proses evakuasi harimau tersebut sudah berlangsung selama tiga hari sejak Kamis (15/11), saat harimau liar tersebut masuk ke kawasan ruko di Pasar Pulau Burung dan terjebak di antara lorong ruko yang sempit dan akhirnya masuk ke kolong ruko. Peristiwa itu sontak menggegerkan warga.

'Jalan 40 km untuk mencari makan'

"Seekor harimau dewasa jantan, sehari bisa jalan 40 kilometer, sementara kawasan hutan terdekat (dari pasar di Pulau Burung) kurang dari itu kalau diambil garis lurusnya," kata Suharyono kepada BBC News Indonesia, Jumat (16/11) petang.

"Karena sumber makanan dan habitatnya terganggu, ia pasti keluar mencari makan, itu kan naluri," imbuh Suharyono.

Merambahnya harimau ke pasar, permukiman, atau perkebunan, sudah sering terjadi.

Suharyono menjelaskan jika lokasi perambahan dekat wilayah hutan, pihaknya akan mengembalikkan binatang ini.

Tapi jika masuk ke pasar seperti yang terjadi di Pulau Burung, pihaknya akan melakukan evakuasi.

BBKSDA Riau mengerahkan 15 petugas di lapangan untuk mengevakuasi harimau di Pasar Burung, yang hingga Jumat sore (16/11) waktu setempat belum bisa dibius untuk dimasukkan ke kandang evakuasi.

Selama proses evakuasi berlangsung, petugas BBKSDA memberikan air dan makanan berupa daging ayam dan sapi segar.

"Kami lempar (daging) ke dekat dia, dan dia masih bereaksi sehat, normal, reaktif dan agresif," kata Suharyono.

Kabar bahwa harimau terjebak di lorong ruko ini membuat warga ingin melihat binatang ini dari dekat, namun Suharyono memperingatkan tindakan warga yang ingin mendekat ini akan membuat binatang ini mengalami stres.

"Harimau ini kan nokturnal, binatang malam, berburu di kegelapan dan tidak berinteraksi dengan manusia. Pasti ia stres, meski saya tak bisa mengatakan secara pasti tingkat stres yang ia alami," jelas Suharyono.

Dokter hewan Erni Suyanti Musabine yang bergerak dalam penyelamatan harimau di BKSDA Bengkulu juga mengatakan hal senada.

Ia mengatakan warga yang berkumpul setiap ada harimau yang terjebak akan membuat binatang ini tambah stres.

"Kasihan bila ada kasus seperti ini malah banyak ditonton orang, harimau liar pasti takut atau menghindar menghadapi manusia banyak," kata Yanti.

Apa yang bisa dilakukan?

Merambahnya harimau dan binatang liar lain seperti gajah ke permukiman, selain karena habitatnya yang terus berkurang, juga disebabkan oleh tindakan pemburu binatang-binatang yang selama ini menjadi sumber makanan harimau, kata Suharyono.

"Misalnya anak babi yang banyak diburu yang membuat cadangan makanan harimau menjadi berkurang. Kalau jauh berkurang, harimau pasti akan keluar dari tempat ia hidup. Ketemu anjing ia makan anjing, ketemu ayam ia makan ayam," tambahnya.

Kepada para pemegang konsensi, apakah itu hutan tanaman industri atau perkebunan, diminta untuk memberi ruang hidup kepada satwa.

"Kehadiran satwa jangan selalu dianggap sebagai gangguan, karena sebenarnya kitalah yang merebut ruang hidup mereka," kata Suharyono.

Jumlah harimau sumatera di Riau, dalam pantauan BKSDA, sekitar 53 ekor.

Sunarto, wildlife ecologist WWF, mengatakan harimau sumatera baik di Riau maupun provinsi lain saat ini masih mendapat tekanan dan ancaman yang tinggi dari perburuan, kehilangan habitat dan konflik.

"Kami mencatat masih banyak pemburu aktif di Riau dan di wilayah lain. Konversi hutan dan perambahan serta tekanan fragmentaai juga masih tinggi. Konflik masih terjadi secara sporadis di berbagai wilayah," kata Sunarto.

Terkait konflik, hal itu dapat terjadi pada berbagai situasi, baik saat populasi dalam jumlah yang besar maupun kecil.

Sunarto menjelaskan, secara sederhana ada tiga faktor penentu, yaitu habitat, manusia, dan harimau itu sendiri.

"Habitat yang terfragmentasi dan terdegradasi oleh gangguan manusia cenderung meningkatkan risiko konflik," katanya.

Pengetahuan dan persepsi terhadap harimau, serta perilaku atau kebiasaan sehari-hari masyarakat di sekitar habitat harimau juga menjadi faktor yang menentukan tingkat risiko konflik.

Dari sisi harimau, ada individu tertentu, seperti yang sedang menjelajah mencari wilayah teritori baru, yang juga menjadi faktor penentu.

Dalam beberapa tahun terakhir, kata Sunarto, sebenarnya sudah ada beberapa peningakatan upaya dan beberapa kemajuan yang dicapai terkait konservasi harimau, baik yang dilakukan pemerintah maupun mitra.

"Misalnya penindakan perburuan dan perdagangan satwa, peningkatan upaya pengelolaan kawasan konservasi, dan respons yang lebih baik atas beberapa insiden konflik. Namun tampaknya upaya yang dilakukan belum memadai dibanding kebutuhan dan perkembangan tantangan yang ada," kata Sunarto.

Ia mengatakan masih diperlukan upaya dan dukungan yang lebih besar dari masyarakat untuk dapat memastikan kelestarian harimau, pengelolaan, dan mitigasi (pencegahan dan penanganan) konflik yang lebih baik.

Source: BBC Indonesia

BERITA LAINNYA
Satu Lagi Harimau Sumatera Kembali ke Hutan Rimba
Jumat, 04 November 2022 | 13:34
Mengenal Abrasi, Dampak dan Penanggulangannya
Kamis, 16 Juni 2022 | 19:55
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top