Riau Ditetapkan Status Siaga Darurat Karlahut

Selasa, 24 Januari 2017 | 11:29
Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Provinsi Riau menggelar rapat penetapan status siaga penanggulangan kebakaran hutan dan lahan. Hal itu sebagai upaya memaksimalkan pencegahan dan penanggulangan bencana tahunan tersebut.

"Penetapan status siaga ini untuk memaksimalkan pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan di Riau," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau, Edwar Sanger, di Kantor Gubernur Riau, Kota Pekanbaru, Selasa (24/1/2017).

Rapat dipimpin Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman dan dihadiri Kapolda Riau Irjen Zulkarnain, Kepala Staf Korem 031/WB Kolonel I Nyoman Parwarta, perwakilan Lanud Roesmin Nurjadin, dan Kepala BPBD Riau Edwar Sanger.

Edwar menjelaskan, saat ini ada dua daerah di Riau yang menetapkan status siaga darurat karhutla, yakni Rokan Hulu dan Kota Dumai. Penetapan status siaga penting menyusul prediksi Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika Stasiun Pekanbaru bahwa Riau akan memasuki musim kemarau pada Februari.

Dia mengatakan Riau harus tetap waspada. Dengan adanya penetapan status tersebut, maka pencegahan dan penanggulangan akan terpadu.

BMKG mulai mendeteksi munculnya titik-titik panas yang mengindikasikan adanya kebakaran hutan dan lahan di Riau dalam dua pekan terakhir. Berdasarkan data BMKG, titik panas menyebar di Kabupaten Rokan Hilir, Siak, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Kota Pekanbaru.

Pemerintah Provinsi Riau mengambil kebijakan untuk patroli terpadu guna mencegah kebakaran. Upaya itu didukung TNI, Polri, dan instansi terkait. (sumber:antara)

BERITA LAINNYA
Pelalawan Riau Terbanyak Titik Api
Sabtu, 21 Oktober 2017 | 11:13
Tiga Kabupaten di Riau Masih Terdeteksi Titik Panas
Kamis, 14 September 2017 | 12:08
BERIKAN KOMENTAR
Top