• Home
  • Lingkungan
  • Status Siaga Darurat Kabut Asap di Riau Resmi Dicabut

Status Siaga Darurat Kabut Asap di Riau Resmi Dicabut

Kamis, 24 November 2016 | 20:13
Sekda Prov Riau, Danrem 031 WB, Kapolda Riau, Danlanud, Kepala BPBD Prov Riau Pimpin Rapat Penutupan Satgas KARLAHUT Provinsi Riau di Ruang Kenanga Kantor Gubernur Riau, Kamis (24/11).
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - Pemerintah Provinsi Riau resmi mencabut status siaga darurat kabut asap di Provinsi Riau, dan juga membubarkan satuan tugas kebakaran hutan dan lahan.

"Kita mengucapkan selamat dan terima kasih kepada para personil satgas atas segala dedikasi dan partisipasinya yang tidak hanya mengorbankan tenaga bahkan juga nyawa, sehingga akhirnya Riau mencabut status siaga darurat kabut asap," ujar Sekretaris Daerah Riau Ahmad Hijazi, mewakili gubernur saat acara Rakor dan Evaluasi Penanggulangan Bencana Karhutla, di Pekanbaru, Kamis (24/11).

Sekda menyampaikan bahwa untuk saat ini, hingga waktu yang belum ditentukan, Satgas karhutla Riau akan dibubarkan. "Semoga pembubaran ini dapat berlangsung untuk selamanya," ujarnya.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Pekanbaru Sugarin pun menyatakan pada November ini sudah tidak ada titik api yang terlihat. Intensitas curah hujan yang tinggi ditengarai menjadi penyebab berkurangnya titik api tersebut. "November 2016 bisa dilihat kosong, sudah tidak ada lagi titik api dan indeks standar pencemaran udara juga dalam kondisi baik," katanya.

Ditemui di tempat yang sama, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Edwar Sanger menyebutkan bahwa pencabutan status ini lebih awal daripada yang direncanakan, yaitu pada 30 November 2016. Ia menyebutkan untuk tahun depan jika seandainya ditemukan lagi titik api, maka tindakan preventif akan dilakukan lebih awal. Selain itu, akan dilakukan rapat koordinasi jika dinilai perlu untuk membentuk satgas kembali.***

Sumber : Antara

BERITA LAINNYA
Satu Hektare Lahan Milik Suharto di Inhu Terbakar
Kamis, 12 Januari 2017 | 12:59
Predasi Ancam Kelestarian Penyu di Indonesia
Kamis, 12 Januari 2017 | 11:03
Hari Ini Terpantau 9 Ttik Api di Riau
Rabu, 11 Januari 2017 | 15:32
10.676 Hektare Lahan di Riau Terbakar Tahun 2016
Senin, 02 Januari 2017 | 14:38
BERIKAN KOMENTAR
Top