• Home
  • Lingkungan
  • Karlahut Kembali Terjadi di Kecamatan Siak Kecil, Rupat dan Pinggi

Karlahut Kembali Terjadi di Kecamatan Siak Kecil, Rupat dan Pinggi

Rabu, 05 Oktober 2016 | 19:55
Ilustrasi
BENGKALIS, RIAUGREEN.COM - Panas trik yang terjadi sejak sebulan terakhir menyebabkah kebakaran hutan dan lahan kembali terjadi si sejumlah lokasi. Informasi yang berhasil dirangkum dari BPBD-Damkar Bengkalis, karlahut terjadi di Kecamatan Siak Kecil, Rupat  dan Pinggi.

Kepala BPBD-Damkar Bengkalis melalui Kabid Damkar, Drs Suiswantoro, Rabu (5/10) mengatakan, kondisi cuaca mengalami perubahan dari musim penghujan ke musim panas. Kondisi itu terjadi di beebrapa Kecamatan di Bengkalis, seperti Kecamatan Siak Kecil, Rupat dan Pinggir.

Akibatnya sejumlah kebakaran kembali terjadi. Pemicu kebakaran kata Suiswantoro, adanya aktifitas pengolahan perkebunan dengan cara pembakaran. "Untuk kasus di Kecamatan Siak Kecil tepatnya di desa Bandar Jaya, sudah ditangani oleh regu Damkar Pos Siak Kecil. Terdapat satu titik api di Siak Kecil," ujar Suis.

Sementara di Kecamatan Pinggir, lokasi kebakaran terjadi di desa Tasik Srai. Terdapat dua titik api di Tasik Serai dan sudah dilakukan upaya pemadaman oleh Damkar Pos Pinggir. "Sedangkan untuk Kecamatan Rupat, lokasi kebakaran terjadi di desa Terkul. Upaya pemadaman dilakukan oleh Damkar Pos Kecamatan Rupat," sebut Suis lagi.

Masih menurut Suis, upaya pemadaman terus dilakukan dan pihaknya berupaya menangani karlahut se-awal mungkin dengan harapan kebakaran tidak sampai merambat ke mana-mana. "Untuk itu kembali saya ingatkan seluruh tim yang ada di lapangan untuk standby, selalu berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait bila mana  mengetahui ada titik api," sebutnya.

Selain itu kata Suis, dirinya juga mengingatkan seluruh pihak untuk tidak melakukan pembakaran saat membuka aau membersihkan lahan perkebunan. Bukan hanya dampak negatif yang ditimbulkan dari kebakaran tersebut, tapi juga sanksi berat bagi para pembakara lahan. (d'ari)

BERITA LAINNYA
Satu titik Hotspot Terpantau di Riau
Senin, 03 Juli 2017 | 12:49
BMKG: Suhu di Riau Capai 35 Derajat Celcius
Kamis, 22 Juni 2017 | 14:03
7 hotspot Terdeteksi di Riau
Minggu, 04 Juni 2017 | 16:03
Kebakaran 5 Hektare Di Dumai Berhasil Padam
Kamis, 23 Maret 2017 | 14:45
BERIKAN KOMENTAR
Top