• Home
  • Lingkungan
  • Pemerintah Yakin Restorasi Lahan Gambut Bisa Selesai Dalam Jangka Waktu 5 Tahun

Pemerintah Yakin Restorasi Lahan Gambut Bisa Selesai Dalam Jangka Waktu 5 Tahun

Jumat, 13 November 2015 | 14:27
ilustrasi kebakaran lahan gambut. (foto by ist)
JAKARTA, RIAUGREEN.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mematok restorasi lahan gambut yang terbakar bisa selesai dalam jangka waktu lima tahun. Terlebih lagi setelah pembentukan Badan Restorasi Gambut yang secara khusus dibentuk untuk mengembalikan kondisi lahan gambut yang terbakar.

"Sehingga kita semua menjalankan program ini lima tahun bersama, bertanggungjawab dan sistematis," kata JK saat membuka Konferensi Gambut Internasional di Hotel Shangrila, Jakarta Pusat, Jumat (13/11).

JK berkaca pada kondisi saat bencana tsunami melanda Aceh tahun 2004. Bumi Serambi Mekkah itu nyaris rata dengan tanah disapu badai tsunami. JK mengatakan, restorasi wilayah Aceh yang terkena tsunami menghabiskan waktu lima tahun.

"Kita belajar dari apa yang telah kita kerjakan di restorasi Aceh, bahwa kita selesaikan tsunami Aceh persis 5 tahun dalam kerangka kerja yang tepat dan kerja sama semua pihak," kata JK.

Menurut JK, pemerintah telah menetapkan target dari setiap tahapan, didahului dengan penyelesaian kebakaran, khususnya di lahan gambut.

"Terdahulu ialah harus menyelesaikan masalah kebakaran ini khususnya gambut yang memang sulit restorasi dan harus selesai dalam waktu lima tahun ke depan. Itu targetnya. Setidak-tidaknya 2 atau 3 ribu hutan gambut harus dikembalikan kepada fungsi dan restorasinya dengan baik," tutur JK.




editor  : Hafiz
source : merdeka.com

BERITA LAINNYA
Pelalawan Riau Terbanyak Titik Api
Sabtu, 21 Oktober 2017 | 11:13
Tiga Kabupaten di Riau Masih Terdeteksi Titik Panas
Kamis, 14 September 2017 | 12:08
BERIKAN KOMENTAR
Top