Riau Darurat Asap

DPD RI : "Bukan DPD RI tak ada peran selama ini"

Jumat, 02 Oktober 2015 | 21:20
Diskusi terbuka DPD RI dengan perhimpunan pemuda Riau dan perwakilan dari UNRI mengenai permasalahan Riau saat ini. Jumat (02/10/2015
PEKANBARU, RIAUGREEN.COM - DPD RI (Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia) yang di dampingi tim analisis DPD RI mengadakan diskusi terbuka bersama perhimpunan pemuda Riau dan perwakilan dari Universitas Riau mengenai permasalahan Riau saat ini.

Melihat kondisi saat ini Riau yang diselimuti asap, DPD RI bukan tidak pernah andil peran tetang masalah ini, tetapi DPD RI berdasarkan tupoksinya menampung aspirasi rakyat, mengusulkannya ke DPR RI, lalu mengawalnya. Sehingga saat ini DPD RI menunggu keputusan dari DPR RI mengenai usulan yang sudah kita usulkan. Aspirasi rakyat ini pun DPD RI bahas harus melalui syarat-syarat dan prosedur yang ditentukan. Pembahasan ini dilakukan empat kali minimal, dimana berfungsi untuk mengingatkan agar tidak ada unsur lupa.

"Bukan DPD RI selama ini tidak berperan akan tetapi kami sudah membahas permasalahan di Riau (kabut asap dan kebakaran hutan, red) dan hasil pembahasan ini kita ajukan ke DPR RI lalu menunggu keputusan mereka," ungkap Abdul Gafar Usman MM, M.SC, anggota DPD RI.

Menurut Bapak Gafar selaku DPD RI penangan asap harus berbeda dengan bencana pada umumnya (banjir,longsor,gunung meletus, dll)

Menyelesaikan asap ini melalui 3 dimensi yaitu subjektif, edukatif, dan kreatif. Contoh dari edukatif, DPD RI sudah membahas bersama dengan BPBN, bagaimana cara asap ini tidak muncul lagi tahun depan.

Lalu juga menghimbau Badan Pengkaji dan Penerapan Teknologi (BPPT) untuk membuat alat tentang asap ini.

"Apakah itu pendeteksi kebakaran atau penghilang kabut asap," tambah Bapak Gafar. (Ilham)

BERITA LAINNYA
Satu Lagi Harimau Sumatera Kembali ke Hutan Rimba
Jumat, 04 November 2022 | 13:34
Mengenal Abrasi, Dampak dan Penanggulangannya
Kamis, 16 Juni 2022 | 19:55
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top