• Home
  • Kuansing
  • Peringatan HKN, Bupati Mursini Serahkan Penghargaan Kepada Sejumlah Desa

Peringatan HKN, Bupati Mursini Serahkan Penghargaan Kepada Sejumlah Desa

Kamis, 14 November 2019 | 22:42
RiauGreen.com
Bupati Mursini serahkan pengjargaan kepada sejumlah desa bersempena Hari Kesehatan Nasional
TELUKKUANTAN,RIAUGREEN.COM- Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tingkat Kabupaten Kuantan Singingi, Tahun 2019 bertempat di Desa Sungai Buluh Kecamatan Singingi Hilir, Kamis (14/11/19).

Menteri Kesehatan RI dalam sambutannya dibacakan Bupati Mursini menyebutkan Peringatan Hari Kesehatan Nasional yang ke 55 ini kita telah berjuang bersama seluruh masyarakat melaksanakan pembangunan kesehatan. 

Perjuangan ini dilaksanakan demi mewujudkan manusia Indonesia yang sehat produktif, dan berdaya saing tinggi. Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat di dunia dan patut berbangga karena telah mencapai berbagai kemajuan dalam meningkatkan kualitas manusia Indonesia, agar sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia.

Hari kesehatan yang diperingati setiap tanggal 12 November, dilaksanakan dalam suatu rangkaian kegiatan baik di tingkat pusat maupun daerah. Tema peringatan HKN tahun 2019 adalah ''Generasi Sehat Indonesia Unggul''  pembangunan kesehatan sebagai pelaksanaan amanat undang-undang Dasar tahun 1945 telah mencapai hasil yang menggembirakan.

Pembangunan kesehatan kita telah berkontribusi dalam pembangunan manusia dengan meningkatnya nilai indeks pembangunan manusia dan usia harapan hidup. Meningkatnya indeks pembangunan kesehatan masyarakat (IPKM) tahun 2018 adalah bukti nyata capaian pembangunan kesehatan sepanjang 5 tahun terakhir ini. Antara lain menurutnya angka stunting balita, angka kematian ibu dan angka kematian neonatal. 

Lanjut dikatakannya, strategi pembangunan kesehatan yang kita bangun melalui tiga pilar yaitu paradigma sehat, penguatan akses pelayanan kesehatan dan penyediaan biaya melalui jaminan kesehatan nasional, melalui program gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Program Indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS, PK),  program Nusantara sehat (NS) dan program JKN, bersama seluruh komponen Kesehatan baik lintas program maupun lintas sektor. 

Dengan beragam tantangan dan rintangannya telah berhasil menyelesaikan beberapa masalah - masalah kesehatan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat. Hal tersebut menunjukkan dengan kerja Bersama kita telah berhasil mempersiapkan gerakan sehat untuk Indonesia unggul pada tahun 2045.

"Kita berharap generasi sehat yang kita perjuangkan bersama dapat menjadi SDM unggul yang akan mengisi 100 tahun Indonesia merdeka. Saat bonus demografi nanti menghantarkan Indonesia menjadi negara yang maju makmur dan sejahtera. Saya berharap agar rangkaian kegiatan dalam peringatan HKN ini bermanfaat untuk seluruh masyarakat dan menjadi ajang mensosialisasikan kegiatan-kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan untuk mewujudkan masyarakat Indonesia yang sehat," ujarnya.

Saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap jajaran kesehatan jajaran lintas sektor di pusat dan daerah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah bahu-membahu berjuang tanpa mengenal lelah untuk melaksanakan pembangunan kesehatan dalam mempersembahkan generasi sehat untuk Indonesia unggul. Selamat hari kesehatan Nasional Salam sehat sehat Indonesia. 

Peringatan HKSN Tingkat Kabupaten Kuansing juga dilaksanakan berbagai kegiatan, yaitu Sunat Massal, Sepeda Santai berhadiah doorprize.

Dikesempatan itu Bupati H. Mursini juga menandatangani prasasti Pemakaian Gedung Puskesmas Rawat Inap dari dana DAK TA. 2018 Puskesmas Desa Lubuk Ramo, Puskesmas Rawat Inap Desa Gunung Toar dan Puskesmas Rawat Inap Desa Koto Baru.

Bupati H. Mursini juga menyerahkan berbagai hadiah dan Piagam Penghargaan bagi Desa Juara Posyandu, Lomba Desa Percontohan, Lomba Pesantren BER - PHBS, Lomba Desa BER-TOGA, Lomba Tenaga Kesehatan Teladan Kategori Bidan dan penyerahan Piagam Penghargaan bagi Desa Stop Buang Air Besar Sembarangan (STOP BASS) Se - Kabupaten Kuantan Singingi. 

Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tingkat Kabupaten Kuantan Singingi turut dihadiri rekan-rekan Muspida kabupaten Kuantan Singingi Sekretaris Daerah para Asisten di lingkungan sekretariat Daerah kabupaten Kuantan Singingi, Ketua Tim Penggerak PKK, Dharma wanita Persatuan dan Ketua IKKD Kuantan Singingi para kepala UPTD kesehatan Se- Kabupaten Kuantan Singingi dan undangan lainnya. (hendri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Bupati Mursini Buka FGD Soal Sensus Kependudukan
Kamis, 28 November 2019 | 23:41
Bupati Mursini Hadiri MTQ di Bangkinang
Rabu, 27 November 2019 | 16:58
BERIKAN KOMENTAR
Top