• Home
  • Kuansing
  • Pentingnya Kawasan Industri, Pemkab Kuansing Segera Gagas RPIK

Pentingnya Kawasan Industri, Pemkab Kuansing Segera Gagas RPIK

Rabu, 09 Oktober 2019 | 01:00
RiauGreen.com
Foto: Kadis Kopdagrin, Azhar Ali
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM- Berdasarkan amanat Undang-undang Nomor 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian, bagi penanam modal baru di sektor manufaktur telah diwajibkan untuk mendirikan pabriknya di kawasan industri. 

Dalam rangka menjalankan amanah undang–undang tersebut, Pemerintahan Kabupaten Kuansing melalui Dinas Koperasi Perdagangan dan Industri (Kopdagrin) akan segera menyusun Rencana Induk Pembangunan Industri Kabupaten (RPIK).

"Dinas Kopdagrin sudah mengusulkan RPIK ini melalui kegiatan 2020," kata Kadis Kopdagrin Kuansing, Azhar Ali saat ditanya RiauGreen tentang pentingnya Kawasan Industri di daerah.

Azhar mengungkapkan, besaran dana yang dibutuhkan untuk menyusun RPIK ini dianggarkan sebesar Rp270 juta. 

"Mudah-mudahan nanti disetujui oleh DPRD," harap Azhar.

Untuk melaksanakan kegiatan itu, pihaknya akan melibatkan beberapa perguruan tinggi untuk mengkaji hal tersebut. 

"RPIK itu nantinya akan dikaji melalui perguruan tinggi," ucapnya.

Sekedar diketahui, dengan keluarnya UU No 3 Tahun 2014 tentang Perindustrian,  setiap Bupati/Walikota  harus segera menyusun RPIK.

Dimana, RPIK ini merupakan pedoman bagi Pemerintah Daerah dan pelaku industri dalam perencanaan dan pembangunan industri.

"Pada akhirnya nanti akan lahirlah  Perda tentang Kawasan Perindustrian," tutup Azhar.

Sebelumnya, salahseorang tokoh masyarakat Kuansing, Edi Satria saat berdiskusi dengan RiauGreen di Pekanbaru menyarankan agar Pemerintahan Kabupaten Kuansing segera menyediakan satu kawasan untuk industri.

Ini penting, guna memacu pembangunan infrastruktur terintegrasi di wilayah-wilayah yang memiliki potensi dan keunggulan dari aspek geoekonomi, geopolitik atau geostrategis. 

Salah satunya kawasan industri sebagai pendorong pertumbuhan sektor manufaktur dan pemerataan ekonomi sehingga mampu mendongkrak daya saing daerah.

Dikatakanya, dengan adanya kawasan industri, tentu dapat meningkatkan efisiensi dan kemudahan penyediaan infrastruktur lainnya serta menyediakan lapangan kerja dan menarik investasi.

Dengan bertambahnya lapangan kerja, maka pendapatan masyarakat akan meningkat dan berdampak juga pada peningkatan pendapatan ekonomi di wilayah tersebut. 

"Coba perhatikan, daerah-daerah yang sudah maju, pasti sudah memiliki kawasan industri. Misalnya, Jakarta, Bandung, Medan, Pekanbaru dan lain lain," kata mantan pejabat Provinsi Riau ini menjelaskan.

Kabupaten Kuansing perlu memiliki kawasan industri yang di dalamnya banyak berdiri berbagai macam industri. Hal ini akan menjadi daya tarik bagi investor untuk mendirikan pabrik di daerah dimana kawasan industri berada khususnya di dalam kawasan industri. (hendri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Jika Diminta, Imran Chaniago Siap Dampingi Mursini
Minggu, 13 Oktober 2019 | 18:47
BERIKAN KOMENTAR
Top