• Home
  • Kuansing
  • Sekda Dianto Mampanini Iftitah Program Camp Alquran MTsN 1 Kuantan Singingi

Sekda Dianto Mampanini Iftitah Program Camp Alquran MTsN 1 Kuantan Singingi

Rabu, 18 September 2019 | 12:54
RiauGreen.com
Sekda Kuansing, DR Dianto Mampanini disambut hngat masyarakat Pangean
PANGEAN, RIAUGREEN.COM - Sekretaris Daerah Kuantan Singingi, DR Dianto Mampanini Selasa kemarin (17/9) melounching (iftitah) program camp Alquran MTsN 1 Kuantan Singingi.

Program ini diharapkan mampu mencetak hafidz qur'an di Kabupaten Kuantan Singingi. Guna mewujudkan program tersebut, MTsN 1 Kuantan Singingi bekerjasama dengan Ba'had Taffaqquh Riau sebuah lembaga yang mampu mencetak tahfidz Alquran.

Kerjasama tersebut dituangkan kedalam bentuk kesepakatan bersama  atau  memorandum of under standding (MoU). Selain mengadakan kerjasama dengan Ba'had Taffaqquh Riau  MTsN 1 Kuantan Singingi juga bekerjasama dengan Fakultas Tarbiyah IAIN Susqa Riau dalam hal peningkatan kualitas tencaga pendidik dan peningkatan kualitas anak didik di sekolah itu.

Penandatanganan MoU ini disaksikan langsung Sekda Kuansing Dianto Mampanini, tokoh masyarakat Kuansing yang juga Wakil Rektor UMRI.Dr..Taswin Yaqub, Asisten II Wariman DW, Kepala Bappedalitbang Maisir, Kakanmenag Kuansing Jisman dan Camat Pangean Noferion Trikon Putra.

Sekda Dianto menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Kuansing sangat menyambut program yang diadakan MTsN 1 Kuantan Singingi yang berada di Kecamatan Pangean tersebut. 

"Dukungan nyata dari Pemkab Kuansing adalah pada tahun ini memberi bantuan laboraturium IPA dan IPS senilai Rp 84 juta," ungkapnya  seraya menambahkan secara pribadi juga siap menjadi donatur tetap bagi sekolah itu dalam mewujutkan program tersebut.

"Program ini adalah satu-sątunya yang dimiliki MTsN di Kuantan Singingi. Saya berharap program ini dapat ditiru oleh MTsN lainnya sehingga generasi penghafal quran di daerah kita semakin banyak," tambah Sekda Dianto.

Dirinya juga mengatakan bahwa program yang diadakan MTsN 1 ini juga sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Kuantan Singingi yakni terwujutnya Kabupaten Kuantan Singingingi yang unggul, sejahtera dan agamis. 

"Jika dikait dengan misi Kabupaten Kuantan Singingi maka akan sesuai dengan misi ke 6 yaitu meningkatkan suasana kehidupan yang agamis dan melestarikan nilai-nilai budaya," terang Dianto.

Kedepan lanjut Sekda Dianto, program ini bisa menjadi embrio guna mewujudkan masyarakat Kuantan Singingi yang madani yang mempuyai nilai-nilai keislaman. Sehingga nantinya juga memberikan manfaat bagi kesiapan daerah dalam mendapatkan bibit-bibit qori dan qoriah terbaik yang siap bersaing dengan daerah lain baik pada tingkat provinsi maupun nasional.

Dekan Fakul Tarbiyah IAIN Susqo Riau DR. H Syaifuddin, M.Ag mengatakan siap membantu MTsN 1 Kuantan Singingi dalam meningkat kualitas pendidikan di sekolah ini. Baik peningkatan kualitas tenaga pendidik maupun peserta didik.

Sementara itu pimpinan lembaga Ba'had Taffaqquh Idris Ahmad menyakinkan bahwa lembaga siap mencetak tahfidz quran untuk sekolah tersebut. "Biasanya hanya butuh waktu 35 hari sudah bisa menghafal Alquran 30 juz," katanya menyakinkan. (hendri) 

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Buy twitter verification Buy Facebook verification Buy Tiktok verification SMM Panel
Top