• Home
  • Kuansing
  • Harga Mati, PKB Usung Kader Sendiri, Berpotensi Mursini-Musliadi Akan Berpasangan

Harga Mati, PKB Usung Kader Sendiri, Berpotensi Mursini-Musliadi Akan Berpasangan

Sabtu, 15 Juni 2019 | 16:59
RiauGreen.com
Foto: Ketua PKB Riau Abdul Wahid
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN. COM- Menghadapi pemilihan bupati dan Wakil Bupati Kuansing yang akan digelar 2020 mendatang,  sejumlah partai mulai ngotot ingin mencalonkan kadernya sendiri ketimbang hanya menjadi pendukung calon lain. 

Hal ini dikarenakan dengan melihat potensi kekuatan yang nyaris imbang. Melihat hasil perolehan kursi berdasarkan hasil Pileg 2019 lalu, kekuatan partai nyaris sama. 

Partai Amanat Nasional (PAN) misalnya, perolehan kursi menyamai PPP yakni sama-sama empat kursi di DPRD Kuansing. Sekedar diketahui, PPP merupakan partai yang mengusung bupati petahana. 

Begitupun juga dengan Gerindra, Nasdem dan Demokrat, perolehan kursinya persis sama dengan perolehan kursi partai petahana.

Sedangkan PKB sendiri memiliki tiga kursi. Perolehan ini sama dengan hasil yang dicapai oleh PDIP yang dipimpin oleh Wabup Kuansing. 

Berkaca dari skor imbang ini, sehingga partai-partai ini kian ngotot untuk memajukan kader terbaik mereka untuk melawan petahana. Paling tidak untuk dipasangkan menjadi calon wakil. 

PAN contohnya, partai ini berniat untuk mencalonkan ketua DPD nya, Komperensi untuk maju mencalonkan diri. Begitupun juga dengan Demokrat, juga mengusulkan Jontikal sebagai calon. 

Untuk Nadem pun demikian, Muslim selaku ketua Nasdem Kuansing juga digadang-gadang akan maju sebagai calon. Konon kabarnya, Muslim disebut-sebut akan berpasangan dengan ketua PDIP Kuansing,  H Halim. 

Halim ketika ditanya terkait kebenaran informasi tersebut, ia masih terkesan malu-malu. "Semua itu bisa terjadi. Baru tahap komunikasi, " kata Halim. 

Selain Muslim, politisi PDIP yang masih menjabat sebagai wakil bupati ini juga dikabarkan tengah membidik Ketua PAN Kuansing, Komperensi. 

Kedua tokoh ini dinilai cocok untuk mendampinginya untuk bertarung melawan petahana pada Pilbup mendatang. Karena tokoh politik ini memiliki kelebihan masing-masing. 

Sementara itu, Ketua PKB Kuansing, Musliadi juga didorong untuk maju mencalonkan diri. Dorongan itu merupakan amanat partai. 

Bahkan Ketua PKB Riau, Abdul Wahid ketika dikonfirmasi RiauGreen via WhatsApp, Sabtu (23/6/19) sore membenarkan jika Musliadi menjadi pilihan untuk maju dalam helat lima tahunan itu. 

"Dan Insya Allah, Cak Mus yang kita dorong," kata Abdul Wahid. 

Musliadi yang kerab disapa Cak Mus ini, kata Wahid, tidak menutup kemungkinan akan dipasangkan dengan bupati petahana, H Mursini. Dan bisa juga disandingkan dengan calon yang lainya. 

"Saya sudah menugaskan ketua DPC untuk berkomunikasi dengan semua partai di tingkat kabupaten," kata Wahid lagi. 

Sementara Cak Mus mengakui jika PKB telah mengamanatkan dirinya untuk ikut mencalonkan, baik menjadi nomor satu maupun nomor dua. 

"Kami tidak mau jadi pendukung lagi, tapi kami akan jadi pengusung," ujar Cak Mus.

Ditegaskannya, partainya tidak akan mengusung kader lain karena selama ini PKB hanya mengusung orang diluar partai, "Tidak ada juga nilai postifnya," tukasnya. 

"Kalau Mursini mau ambil PKB,  harga mati, ya, wakilnya dari PKB," cetusnya lagi. 

Sedangkan Gerindra Kuansing hingga saat ini belum menentukan sikap, apakah akan mengusung kader sendiri atau akan jadi pendukung pada Pilbup mendatang. 

"Mengenai dukung-mendukung itu kita serahkan nanti sama DPP, " kata Ketua Gerindra Kuansing, Jufrizal belum lama ini. 

Kendatipun sejumlah nama sudah mulai mencuat, namun petahana, H Mursini masih belum menentukan sikap. Ia, katanya, tidak mau grasa-grusu dalam bersikap. Karena semua itu ada mekanismenya. 

"Itu nantilah. Sekarang kita fokus kerja saja. Menyelesaikan pembangunan yang telah diagendakan dalam program pemerintah hingga akhir jabatan, " tuturnya belum lama ini. (hendri) 


Loading...
BERITA LAINNYA
Menteri Pariwisata Akan Buka Pacujalur 2019
Selasa, 09 Juli 2019 | 21:39
Golkar Bantah Adam Dipasangkan dengan Mursini
Senin, 08 Juli 2019 | 18:39
BERIKAN KOMENTAR
Top