• Home
  • Kuansing
  • Melihat Peluang Komperensi Pada Pilkada Kuansing 2020

Melihat Peluang Komperensi Pada Pilkada Kuansing 2020

Kamis, 13 Juni 2019 | 21:37
RiauGreen.com
Foto: Komperensi

TELUKKUANTAN, RIAUGREEN. COM- Komperensi tak asing bagi warga Kuantan Singingi (Kuansing). Dibanding bakal calon baru lainnya, Komperensi juga punya nama dan popularitas lebih luas. Ia bukan wajah baru, tetapi veteran dalam Pilkada Kuansing.

Pada Pilkada 2015 lalu, ia merupakan calon Wakil Bupati  Kuansing yang berpasangan dengan Indra Putra.

Kala itu, pasangan Indra Putra-Komperensi (IKO) mendapat urutan nomor satu. Bertarung melawan tiga kandidiat lainnya. Pasangan ini meraih 63.196 suara. Pasangan ini kalah tipis dibanding rivalnya Mursini-Halim (MH) yang memperoleh 63.544 suara.

Jika Komperensi kembali bertarung, maka peta politik akan menempatkan mantan anggota DPRD Kuansing ini sebagai calon yang layak diperhitungkan dan bisa menjadi ancaman bagi petahana.

Pengalamannya pada pemilu 2015 lalu adalah modal terbaik Ketua PAN Kuansing ini bertarung lagi dalam perhelatan Pilkada serentak 2020 mendatang.

Apalagi Komperensi masih punya sisa-sisa popularitas yang dibangun saat mengikuti Pileg DPRD Provinsi Riau Dapil Inhu-Kuansing 2019 kemarin.

Pada Pileg kemarin, ia meraup dukungan 13.741 suara. Sekaligus mengantarkanya lolos sebagai anggota DPRD Riau dengan perolehan total suara PAN  25.478 suara.

Beberapa waktu yang lalu, Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP)  PAN, Safrianto menegaskan kalau Komperensi dipastikan kembali bertarung untuk memperebutkan kursi Kuansing satu maupun Kuansing dua.

Dasar pertimbangan, perempuan asal Hulu Kuantan itu dinilai berprestasi dalam memajukan PAN saat ini. Syafrianto menegaskan partainya tetap memprioritaskan kader potensial sendiri.

"Tentu kita ingin kader sendiri yang diutamakan memenangi pertarungan di pilkada nanti," ulasnya.

Peluang kembali majunya Komperensi bakal menambah semarak Pilkada Kuansing mendatang. Stategi bertarung, tidak hanya akan diwarnai dengan perang logistik pemilu. Tetapi, juga kemampuan para calon dalam membaca peta psikologi pemilih di negeri jalur ini.

Secara geopolitik, Komperensi sendiri merupakan tokoh perempuan yang dianggap mewakili masyarakat Kuansing bagian Hulu dan Singingi.

Ketua PKB Kuansing, Musliadi berpendapat jika Komperensi dipasangkan dengan kandidat yang berasal dari bagian hilir maupun Kuantan bagian tengah, maka diyakini pasangan ini akan menyudahi pertarungan dengan hasil memuaskan. (hendri) 


Loading...
BERITA LAINNYA
Menteri Pariwisata Akan Buka Pacujalur 2019
Selasa, 09 Juli 2019 | 21:39
Golkar Bantah Adam Dipasangkan dengan Mursini
Senin, 08 Juli 2019 | 18:39
BERIKAN KOMENTAR
Top