• Home
  • Kuansing
  • Jangan Tutup Mata Dengan Keberhasilan Pemerintahan Mursini-Halim

Jangan Tutup Mata Dengan Keberhasilan Pemerintahan Mursini-Halim

Selasa, 14 Mei 2019 | 12:24
RiauGreen.com
Foto: Imran pembina Imran Centre
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - Pemerintahan Bupati Mursini dan Wakilnya H Halim telah berjalan lebih kurang tiga tahun lamanya. Beragam persoalan yang diwariskan oleh pemerintahan sebelumnya nyaris rampung terselesaikan keseluruhan. 

Dari beragam persoalan itu, yang paling menonjol terkait hutang pembangunan tiga pilar. Nilainya mencapai puluhan miliar rupiah. Ditambah sisa tunggakan uang sertifikasi guru dan dana tambahan penghasilan. Nilaipun cukup fantastis. 

Dari keseluruhan warisan hutang itu, pemerintahan Mursini-Halim telah melunasinya sejak tahun 2018 lalu. Kendatipun pembayaran hutang itu tidak masuk dalam RPJMD, namun pemerintahan Mursini-Halim tetap melunasinya. Karena mereka menyadari hutang tersebut merupakan hutang pemerintahan daerah. 

"Jadi jangan dikatakan pemerintahan Mursini itu tidak membangun. Bukankah hutang yang mereka bayar itu merupakan hutang pembangunan," tanya Imran.

Imran merupakan salahsatu bakal calon Bupati Kuansing pada Pilkada 2015 lalu. Secara politik, Imran merupakan rivalnya Mursini-Halim. Namun, kata Imran, setelah tiga tahun ini mengamati jalannya pemerintahan Mursini-Halim telah terjadi suatu kemajuan yang cukup membanggakan. 

"Hutang-hutang telah dilunasinya. Pembangunan berjalan secara terencana dan terukur. Pembangunan tidak hanya menumpuk disatu tempat. Apakah ini bukan sebuah keberhasilan yang patut di syukuri, " sergah Imran. 

Disisi lain ucap Imran, Pemerintahan Mursini-Halim dinialai berhasil merebut dana pusat. Angka ini cenderung naik setiap tahunnya. Bahkan pada tahun 2019 ini, perolehan Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Desa (ADD) Kabupaten Kuantan Singingi, Tahun 2019 mengalami peningkatan dibandingkan dengan DAK dan ADD Tahun 2018.

Peningkatan DAK fisik Kuansing Tahun 2019 mengalami peningkatan sebesar Rp 131 miliar lebih dibandingkan DAK Tahun 2018 yang hanya Rp 61 miliar lebih. Kenaikan ini terjadi dua kali lipat dibanding dari tahun sebeumnya.

"Selama tiga tahun ini saya amati, pemerintahan Mursini-Halim cukup bagus. Kue pembangunan berhasil dicapai. Jadi jangan tutup mata lah dengan keberhasilan pemerintahan beliau, " jelas pembina yayasan Imran Centre ini.

Menurut catatan yang berhasil dirangkum RiauGreen, ada beberapa capaian penyelenggaraan Pemerintahan Kabupaten Kuansing pada tahun 2018 lalu. Diantaranya, Kuansing meraih predikat WTP dari Kementerian Keuangan RI, dimana, secara berturut-turut lebih dari lima kali meraih WTP dari BPK RI

Capaian yang kedua, Kuansing menerima penyaluran Dana Desa terbaik se Riau dari Dirjen Pajak Kementerian Keuangan. 

Selanjutnya, Kuansing menerima penghargaan HAM dari Menkum Ham RI, dan seterusnya Kuansing meraih penghargaan tingkat kepatuhan peringkat ketujuh Nasional dari Ombudsman.

Prestasi selanjutnya, Kuansing menerima penghargaan daerah peduli pembangunan dari Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian.

Seterusnya, Kuansing menerima penghargaan dari Kementerian Keuangan atas Penyusunan laporan keuangan. Selanjutnya Kuansing mendapat peringkat VII se Indonesia inovasi sanitasi terbaij Akkopsi 2018.

Kuansing juga memperoleh Juara II Nasional Bina Keluarga Balita Holistik Integratif (bkb-hi)  2018 dari BKKBN pusat yang diwakili oleh Desa Giri Sako. 

Selanjutnya, Kuansing juga menerima pernghargaan terbaik III tingkat Provinsi Riau atas evaluasi kinerja kecamatan (EKK)  Gunung Toar tahun 2018.

Desa Seberang Taluk juga meraih Juara II desa terbaik Nasional karegori layanan publik dan transparansi informasi dari kementerian PDT. 

Sementara itu, dari hasil evaluasi akuntabilitas kinerja instansi Pemerintahan Kabupaten Kuansing dari Menpan-RB Republik Indonesia dengan predikat 'B'.

Prestasi dibidang pendidikan yakni, Sekolah Adiwiyata Mandiri SMAN1 Telukkuantan dari Kementerian LHK RI di Jakarta dan Sekolah Adiwiyata Provinsi diantaranya, SD Negeri 006  Pisang Berebus Kecamatan Gunung Toar. 

SD Negeri Sungai Sirih Kecamatan Singingi,  SD Swasta Global Andalan RAPP Estate Baserah Kecamatan, Kuantan Hilir. SMP Negeri 1Gunung Toar, Kecamatan Gunung Toar.  MTS Negeri 1 Kuantan Singingi, Kecamatan Sentajo Raya. SD Negeri 027 Jake, Kecamatan Kuantan Tengah. (hendri) 

Loading...
BERITA LAINNYA
dr Ukup Dibidik Untuk Calon Wabup Kuansing
Selasa, 07 Mei 2019 | 18:38
BERIKAN KOMENTAR
Top