• Home
  • Kuansing
  • Di Kuansing Harga Bawang Putih Rp100 Ribu Perkilogram, Azhar: Kami Sudah Surati Menteri

Di Kuansing Harga Bawang Putih Rp100 Ribu Perkilogram, Azhar: Kami Sudah Surati Menteri

Senin, 06 Mei 2019 | 23:45
RiauGreen.com
TELUKKUANTAN,RIAUGREEN.COM- Harga bawang putih di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) beberapa hari terakhir ini melonjak drastis. Hampir tiga kali lipat dari harga biasanya yang hanya Rp38 ribu perkilogramnya. 

Dipasar tradisional Lubuk Ambacang misalnya, Sabtu kemarin harga bawang putih mencapai Rp10 ribu per ons atau Rp 100 ribu perkilogram. 

Harga ini sama halnya dengan pasar tradisional Lubuk Jambi. Pada Ahad kemarin, bawang putih juga dijual dengan harga Rp100 ribu perkilogram. 

Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Kuansing,  Azhar saat ditanya RiauGreen, Senin (6/5/19) malam mengakui terjadinya lonjakan harga terhadap bawang putih ini. 

Selain harga meroket kata Azhar, juga terjadi kelangkaan. Kondisi seperti ini juga hampir sama terjadi dibeberapa pasar tradisional lainya di Kuansing. 

"Bawang putih itu adalah bawang impor. Hampir merata diseluruh kab/kota se Provinsi Riau harga bawang putih melonjak naik," kata Azhar via WhatsApp. 

Kata Azhar, kondisi seperti ini tidak hanya terjadi di Kuansing, malahan di kabupaten dan kota lainnya juga sama. " Stok bawang putih di Kuansing permasalahannya juga sama dengan kabupaten kota lainnya. Sama-sama terjadi kelangkaan," ujar Azhar. 

Terkait persoalan ini, sambung Azhar, pihaknya telah melakukan koordinasi dengan Dinas Perdagangan Koperasi UKM Provinsi Riau.

"Dan kita sudah surati secara resmi permasalahan ini, dan provinsi juga sudah meneruskan permasalahan ini ke Kementrian Perdagangan," tambah Azhar. 

Sementara itu, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman seperti dikutif CNBC, Ahad (5/5/19) kemarin saat melakukan tinjauan dan operasi pangan di Pasar Kramatjati, Jakarta Timur, menetapkan harga bawang putih di seluruh Indonesia paling tinggi Rp 30 ribu per kilogram.

Amran mengatakan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada rapat terbatas (ratas) kemarin telah menginstruksikannya untuk turun langsung mengecek ke lapangan berbagai harga komoditas strategis, khususnya bawang putih.

Dia melaporkan, stok bawang putih saat ini telah mencapai 100 ribu ton, atau dua kali lipat dari kebutuhan pasar saat ini yang sebesar 50 ribu ton. Oleh karenanya, ia pun meminta kepada seluruh importir bawang putih untuk menurunkan harga jual dari Rp 46 ribu menjadi Rp 25-30 ribu per kg. (hendri) 

Loading...
BERITA LAINNYA
Kompol Razif Jabat Wakapolres Kuansing
Senin, 03 Juni 2019 | 14:37
Kuansing Berduka, Hernalis Meninggal Dunia
Jumat, 31 Mei 2019 | 21:03
BERIKAN KOMENTAR
Top