• Home
  • Kuansing
  • Baru Ada Dua Perda, DPRD Kuansing Dan Pemkab Sama-sama Tidak Memiliki Inisiatif

Baru Ada Dua Perda, DPRD Kuansing Dan Pemkab Sama-sama Tidak Memiliki Inisiatif

Senin, 25 Maret 2019 | 14:58
RiauGreen.com
Foto: Ketua Komisi A DPRD Kuansing, Musliadi

TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM- DPRD dan Pemkab Kuansing masih terbilang belum maksimal dalam mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) terkait pengakuan dan perlindungan untuk masyarakat adat.

Setakad ini, baru ada dua Perda yang diinisiatif oleh DPRD. Yakni Perda tentang hari jadi Kabupaten Kuansing dan Perda tentang hak keuangan DPRD itu sendiri.

Padahal, selain perda wajib, mestinya kedua lembaga ini harus sama-sama memiliki inisiatif untuk membuat produk hukum dalam memberikan retribusi ke daerah dan terhadap pelindungan terhadap masyatakat adat.

Ketika disinggung kurangnya inisiatif untuk melahirkan Perda inisitif ini, Ketua Komisi A DPRD Kuansing Musliadi mengakui antara dewan dan eksekutif sama-sama tidak memiliki inisiatif.

"Betul. Sama-sama tak miliki inisiatif. Tapi ini juga tidak bisa disalahkan satu pihak saja. Mestinya, kalau dewan tak punya inisitiaf, harusnya eksekutif lah yang mengajukan, " tutur Musliadi kepada RiauGreen.com pekan lalu.

Perlunya didorong Perda yang mengatur tentang desa adat ini untuk mendorong pengakuan masyarakat hukum adat. Selain itu juga dibutuhkan untuk menetapkan status Desa Adat di Kemdagri.

Dengan adanya Perda tentang adat itu nantinya, masyarakat hukum adat juga akan mendapat penugasan dari negara untuk ikut dalam penyelenggaraan, pembangunan, dan pemberdayaan Desa Adat dengan mendapat pembiayaan dari negara melalui APBN.

"Jadi dengan adanya Perda tentang hukum adat ini nanti, itu bisa melindungi hutan-hutan ulayat yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Dan lagi soal pembangunan desa adat akan mendapatkan pembiayaan langsung dari APBN," jelas Musliadi.

Musliadi meminta agar legislatif dan eksekutif memiliki satu komitmen mengenai perlindungan terhadap hukum adat ini. "Kalau mau dibuat, ayo, masukan anggarannya tahun depan. Biar bisa kita bahas," tutup Musliadi. (hendri)


Loading...
BERITA LAINNYA
Kompol Razif Jabat Wakapolres Kuansing
Senin, 03 Juni 2019 | 14:37
Kuansing Berduka, Hernalis Meninggal Dunia
Jumat, 31 Mei 2019 | 21:03
BERIKAN KOMENTAR
Top