• Home
  • Kuansing
  • 2019, DAK Fisik Kuansing Meningkat Dua Kali Lipat, Mursini: ADD Juga Meningkat

2019, DAK Fisik Kuansing Meningkat Dua Kali Lipat, Mursini: ADD Juga Meningkat

Sabtu, 23 Maret 2019 | 23:47
RiauGreen.com
Foto: Bupati Mursini bersama Wakil Bupati, H Halim dan pejabat Pemkab Kuansing
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN. COM- Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Desa (ADD) Kabupaten Kuantan Singingi, Tahun 2019 mengalami peningkatan dibandingkan dengan DAK dan ADD Tahun 2018.

Peningkatan DAK fisik Kuansing Tahun 2019 mengalami peningkatan sebesar Rp 131 miliar lebih dibandingkan DAK Tahun 2018 yang hanya Rp 61 miliar lebih. Kenaikan ini terjadi dua kali lipat dibanding dari Tahun sebeumnya.

Sementara, untuk Alokasi Dana Desa (ADD) di Tahun 2019 juga mengalami peningkatan yakni Rp 194 miliar lebih jika dibandingkan Tahun 2018 yang hanya berjumlah Rp152 miliar lebih.

Kenaikan angka DAK fisik dan ADD ini, disampaikan Bupati H. Mursini, ketika membuka rapat koordinasi pelaksanaan dana DAK fisik, dana desa dan KUR tahun 2019 di Pendopo Rumah Dinas Bupati, Jum'at (22/3/19) kemarin.

Mursini menjelaskan, agar pengelolaan dan pelaksanaan dana DAK dan ADD menjadi lebih baik kedepannya, maka diperlukan koordinasi dan monitoring serta evaluasi terhadap pelaksaan anggaran tersebut. Kegiatan ini difasilitasi BPKAD Kuansing.

Bupati menyampaikan, seiring kenaikan DAK fisik dan ADD, ia meminta peningkatan juga ditingkatkan. Apalagi menurutnya, pengelolaan keuangan negara harus diselenggarakan secara profesional, terbuka, dan bertanggungjawab sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

Kemudian Bupati juga menyebutkan, jika dalam penyaluran dana DAK fisik dan dana desa persayaratan penyaluran tidak terpenuhi maka tidak akan disalurkan. bahkan ini kata dia dapat menjadi beban tanggungan APBD Kuansing bisa diatasi.

"Namun dapat kami sampaikan, bahwa selama ini antara Pemkab Kuansing dan Kantor Pelayanan Perbendaharan Negara Provinsi Riau sangat baik, sehingga apa-apa yang menjadi kendala, baik dalam pelaksanaan DAK fisik dan dana desa, kami minta bantu agar mencarikan solusinya.

Maka dengan itu kata Bupati, di Tahun 2018 lalu, Kuansing berhasil meraih penghargaan berkinerja terbaik se Provinsi Riau dalam penyaluran dana desa.

"Saya berharap dengan adanya rakor ini, secara bersama-sama kita dapat mengawal penyaluran dana DAK fisik dan dana desa sehingga pelaksanaanya tepat waktu, lancar dan tidak mengalami kendala dalam penyalurannya," imbuhnya.

Rakor ini dihadiri Bupati H.Mursini, Wakil Bupati H. Halim, Sekda Dianto Mampanini, Kanwil Direktorat Jenderal Perbendeharaan Provinsi Riau sekaligus sebagai pemateri dalam rapat koordinasi tersebut. Juga hadir beberapa kepala OPD, Camat, Kepala desa dan beberapa orang kepala bagian. (hendri/adv)

Loading...
BERITA LAINNYA
Bawaslu Kuansing Belum Temukan Serangan Fajar
Selasa, 16 April 2019 | 23:08
Bupati Mursini: Ayo Lawan Politik Uang
Senin, 15 April 2019 | 16:55
BERIKAN KOMENTAR
Top