• Home
  • Kuansing
  • Bupati Mursini Jelajah Alam Guntor Dengan Seribuan Pecinta Sepeda
Kampanye Bersepeda

Bupati Mursini Jelajah Alam Guntor Dengan Seribuan Pecinta Sepeda

Sabtu, 23 Maret 2019 | 22:41
RiauGreen.com
Foto: Bupati Kuansing, Drs Mursini dan Camat Gunungtoar, Sadarisnah saat acara Jagung Fun Bike.

GUNUNGTOAR, RIAUGREEN.COM- Sejak dilaunching bulan Oktober 2018 lalu, program "back to school and bike to school" telah menyebabkan terjadi lonjakan peminat bersepeda di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dan Kecamatan Gunungtoar (Guntor) khususnya.

Gaya hidup sehat dengan bersepeda ini ternyata disambut baik oleh kalangan masyarakat. Upaya Pemerintahan Kabupaten Kuansing untuk terus kembangkan minat bersepeda ke sekolah dan ke tempat kerja merupakan salahsatu cara untuk menjaga kesehatan.

Tadi pagi, Sabtu (23/3/19), Komunitas Kereta-keretaan Guntor (KK Gete) kembali menggelar kegiatan jelajah alam Gunungtoar alias "jagung fun bike" 

Kegiatan diinisiasi oleh KK Gete didukung pemkab dan pemerintahan kecamatan. Kegiatan ini dalam rangka mengkampanyekan gerakan kembali bersepeda kepada masyarakat. Gerakan gaya hidup sehat dan ramah lingkungan.
Dan menstimulan gerakan bike to school dan bike to work yang telah di lounching di Kecamatan Guntor pada HUT kuansing tahun lalu.

Peserta terdiri dari siswa sekolah (pemula) dan kelompok profesional. Siswa sekolah Kecamatan Guntor dari kelas profesional berasal dari komunitas sepeda di Kuantan Singingi dan dari kabupaten/kota di Riau dan Sumbar.

"Jadi ada dua jalur. Jalur pemula dan jalur profesional lintasan nya. Di lintasan yang ada di sediakan beberapa rest area yang menonjolkan kekayaan adat alam dan budaya guntor. Diantaranya kebun bunga sanleg Petapahan, panorama sungai Petapahan, perbukitan,  rumah adat di Desa Gunungtoar" kata Camat Gunungtoar, Sada Risnah kepada RiauGreen.com, Sabtu (23/3/19).

Ditempat-tempat persinggahan itu kata Sada Risnah, di sediakan spot foto untuk peserta. Ia berharap bersepeda ini menstimulan gaya hidup sehat, ramah lingkungan dan  hemat bbm.

"Bagi siswa sekolah tidak lagi membebani orang tua untuk membeli sepeda motor bagi siswa SMP dan SMA. Dan tentu mengurangi pengeluaran orang tua jajan dan biaya transport anaknya," kata Sada Risnah.

Selain itu kata dia, kegiatan ini juga menjalin silaturrahmi antar  komunitas kabupaten dan kota di provinsi. "Peserta disediakan penginapan oleh panitia gratis," ujarnya.

Kegiatan jelajah alam Guntor tadi pagi itu juga dihadiri oleh Bupati Kuantan Singingi,  Drs Mursini. Dan ribuan peserta yang terdiri dari 28 komunitas. "Ayo, back to school and bike to school," tutup Sada Risnah. (hendri/adv)


Loading...
BERITA LAINNYA
Kompol Razif Jabat Wakapolres Kuansing
Senin, 03 Juni 2019 | 14:37
Kuansing Berduka, Hernalis Meninggal Dunia
Jumat, 31 Mei 2019 | 21:03
BERIKAN KOMENTAR
Top