• Home
  • Kuansing
  • Kampung Petapahan Harus Direlokasi, Pemkab Kuansing Tunggu Hibah Lahan

Kampung Petapahan Harus Direlokasi, Pemkab Kuansing Tunggu Hibah Lahan

Rabu, 20 Maret 2019 | 14:17
RiauGreen.com
Foto: Desa Petapahan saat terendam banjir.
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - Desa Petapahan, Kecamatan Gunungtoar,  Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) merupakan lokasi yang menjadi langganan banjir. Baru-baru ini, banjir bandang menghantam sejumlah rumah. 

Setidaknya ada sekitar 284 unit rumah terdampak banjir. Dan 11 rumah roboh disapu banjir. Banjir bandang belum lama ini, merupakan banjir yang paling parah dalam sejarah banjir di Petapahan. Sebelumnya, banjir hanya merendam rumah warga. Tak sampai merobohkan. 

Usai kejadian, Bupati Kuansing, Drs Mursini meninjau langsung lokasi banjir. Menurut Mursini, seluruh rumah yang berada dibantaran sungai Petapahan selayaknya direlokasi. Agar terhindar dari bencana banjir. 

Sebab, ratusan rumah di desa itu sudah menjadi langganan banjir. Nyaris setiap tahun rumah warga disitu mendapatkan giliran rendaman banjir. "Solusinya mereka harus direkokasi," kata Bupati Mursini. 

Menindaklanjuti arahan bupati itu, Sekda Kuansing Dianto Mampanini melalui Plt Kadis Perumahan Kawasan dan Permukiman (Perkim), Burhanudin menjelaskan jika pihaknya akan berupaya untuk merekokasi pemukiman warga Petapahan itu. 

Namun, yang menjadi kendala saat ini, pihak Pemda lagi menunggu hibah lahan yang akan menjadi lokasi perumahan warga. "Tentu harus ada lahan dulu. Lahan hibah dari masyarakat. Setelah itu baru kita ajukan bantuan ke pusat, " terang Burhanudin. 

Burhanudin menambahkan, setidaknya lokasi yang dibutuhkan untuk merelokasi seluruh rumah yang terdampak banjir itu diperkirakan seluas enam hektar. "Itu lahan yang dibutuhkan. Seandainya seluruh rumah yang terdampak direlokasi, " tutup Burhanudin.  (hendri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Bawaslu Kuansing Belum Temukan Serangan Fajar
Selasa, 16 April 2019 | 23:08
Bupati Mursini: Ayo Lawan Politik Uang
Senin, 15 April 2019 | 16:55
BERIKAN KOMENTAR
Top