• Home
  • Kuansing
  • Pemkab Kuansing Akan Kerjasama Pengembangan Aplikasi SPBE Dengan Pemkot Bandung

Pemkab Kuansing Akan Kerjasama Pengembangan Aplikasi SPBE Dengan Pemkot Bandung

Senin, 11 Maret 2019 | 21:56
RiauGreen.com
Foto: Kadis Kominfo Kuansing, Samsir Alam

TELUKKUANTAN, RIAUGREEN  Pemerintahan Kota Bandung dinilai cukup bagus mengembangkan aplikasi Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE). Dan Pemerintahan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) juga akan mengembangkan aplikasi serupa.

Oleh karena itu, Pemkab Kuansing akan menggandeng Pemkot Bandung untuk mengembangkan aplikasi tersebut. Agar bisa diterapkan di Kabupaten Kuansing.

"Kita akan mengadakan MoU dengan Pemkot Bandung untuk pengembangan aplikasi ini," kata Kadis Kominfo, Samsir Alam saat berbincang dengan RiauGreen.com,  Senin (10/3/19) siang.

MoU tersebut. Kata Samsir, akan dilaksanakan di Bandung pada hari Rabu mendatang. "Secara teknis nanti Dinas Kominfo  Kuansing dengan Diskominfo Kota Bandung akan melakukan perjanjian kerjasama terhadap aplikasi-aplikasi yang akan berbagi pakai antara Kuansing dengan Kota Bandung," kata Samsir.

Dijelaskan Samsir, penerapan SPBE itu merupakan kebijakan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, transparan, dan akuntabel serta pelayanan publik yang berkualitas dan terpercaya.

Dasar penerapan ini adalah berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik (SPBE).

Perpres yang ditetapkan pada tanggal 2 Oktober 2018 lalu merupakan salah satu produk kebijakan pemerintah yang diinisiasi oleh Kementerian PANRB dan beberapa kementerian/lembaga terkait.

Dalam Perpres juga diatur mengenai aplikasi SPBE yang digunakan oleh instansi pusat dan pemerintah daerah untuk memberikan layanan SPBE, dimana aplikasi terdiri atas aplikasi umum, dan aplikasi khusus.

Setiap Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah harus menggunakan Aplikasi Umum. Sementara itu instansi pusat dan pemerintah daerah dapat melakukan pembangunan dan pengembangan aplikasi khusus, namun harus didasarkan pada arsitektur SPBE Instansi Pusat dan Arsitektur SPBE pemerintah daerah masing-masing.

Pembangunan dan pengembangan Aplikasi Umum ditujukan untuk memberikan Layanan SPBE yang mendukung kegiatan pemerintahan di bidang perencanaan, penganggaran, pengadaan barang dan jasa pemerintah, akuntabilitas kinerja, pemantauan dan evaluasi, kearsipan, kepegawaian,dan pengaduan pelayanan publik.

SPBE memberi peluang untuk mendorong dan mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan yang terbuka, partisipatif, inovatif, dan akuntabel, meningkatkan kolaborasi antar instansi pemerintah dalam melaksanakan urusan dan tugas pemerintahan untuk mencapai tujuan bersama, meningkatkan kualitas dan jangkauan pelayanan publik kepada masyarakat luas, dan menekan tingkat penyalahgunaan kewenangan dalam bentuk kolusi, korupsi, dan nepotisme melalui penerapan sistem pengawasan dan pengaduan masyarakat berbasis elektronik. (hendri)


Loading...
BERITA LAINNYA
Mendag RI Tandatangani Prasasti UML Kuansing
Rabu, 20 Maret 2019 | 17:37
Pilkada Kuansing Desember 2020
Selasa, 19 Maret 2019 | 17:32
Wabup Halim Puji Kepintaran Satria Mandala Putra
Minggu, 17 Maret 2019 | 01:29
BERIKAN KOMENTAR
Top