• Home
  • Kuansing
  • Dua Langkah Lagi Radio Kuansing Segera Mengudara

Dua Langkah Lagi Radio Kuansing Segera Mengudara

Kamis, 21 Februari 2019 | 20:46
RiauGreen.com
Poto: Kadis Kominfo Kuansing saat mengunjungi Kementerian Kominfo
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN- Radio milik Pemerintahan Kabupaten Kuansing sudah lama tidak mengudara. Rencananya, tak lama lagi radio yang dulu namanya RPD itu akan segera kembali on air. 

"Tinggal dua langkah lagi, radio kita sudah bisa mengudara kembali, "kata Kadis Kominfo Kuansing, Syamsir Alam saat berbincang dengan RiauGreen. com, Kamis (21/2/19) siang. 

Dua langkah yang dikatakan Syamsir Alam itu adalah mengenai perijinan yang harus dimiliki oleh RPD sebelum kembali memuali siaran. 

Langkah pertama adalah pihak kominfo akan melakukan Forum Rembuk Bersama (FRB) dengan Kementerian Kominfo. Langkah yang kedua adalah Evaluasi Uji Siaran (EUS) dengan Balai Monitoring. 

Setelah kedua langkah ini tuntas dan Radio milik Pemerintahan Kuansing dinyatakan lolos, barulah mendapat rekom untuk memulai siaran selama enam bulan pertama. Selanjutnya jika dinilai layak, barulah mendapat ijin tetap Komisi Penyiaran Indonesia. 

Ditambahkan Syamsir, untuk tahap awal ini, Radio Kunsing akan mengudara dengan radius jangkauan sekitar 30 Kilometer. "Itu untuk daerah tangkapan dataran rendah. Kalau daerahnya perbukitan bermungkinan bisa sampai hingga Provinsi Jambi," ujar Syamsir Alam. 

Sekedar diketahui, Radio Pemerintaha Daerah (RPD) Kabuaten Kuansing sejak dua tahun belakangan ini berhenti mengudara. Karena sejak berdiri tahun 2002 lalu radio ini diketahui belum memiliki ijin siaran. Bahkan pendiriannya belum memiliki dasar hukum yang jelas. 

Tapi saat ini, pemerintahan Kuansing bersama DPRD setempat telah merampungkan dasar hukum pendiriannya yaitu dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda). Setelah Perda itu tuntas, Kominfo lalu mengurus perijinan sesuai dengan aturan yang berlaku. Dan perijinan itu hanya tinggal dua langkah lagi baru radio tersebut bisa memulai siaran kembali. (hendri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Camat HK Puji Kekompakan Warga IKHK Pekanbaru
Senin, 25 Maret 2019 | 21:42
Pemkab Kuansing Segera Bentuk BPBD
Senin, 25 Maret 2019 | 17:46
Mendag RI Tandatangani Prasasti UML Kuansing
Rabu, 20 Maret 2019 | 17:37
Pilkada Kuansing Desember 2020
Selasa, 19 Maret 2019 | 17:32
BERIKAN KOMENTAR
Top