• Home
  • Kuansing
  • Sempat Gagal Beton, Pengecoran SD 018 Koto Taluk Murni Kesalahan Penyedia Ready Mix

Sempat Gagal Beton, Pengecoran SD 018 Koto Taluk Murni Kesalahan Penyedia Ready Mix

Jumat, 01 Februari 2019 | 17:51
RiauGreen.com
Poto:Bangunan SDN 018 Koto Taluk
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - Pembangunan SD N 018 Koto Taluk dikabarkan sempat gagal beton. SD dua lantai itu dibangun pada tahun 2018 lalu oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing). 

Kabar tersebut kini mencuat. Bahkan pihak Disdik membenarkan peristiwa itu. Namun setelah diketahui mutu beton tidak bagus, coran yang terindikasi tidak memenuhi syarat itu telah diperbaiki. 

"Kesalahannya terletak pada campuran ready mix nya. Setelah diuji, ternyata kulitas betonnya kurang dari K100," kata Kadisdik Kuansing,  Jupirman melalui Kabid Sarana dan Prasarana,  Sartian saat diwawancarai RiauGreen. com,  Junat (1/2/19 ) siang. 

Dijelasknnya, setelah dilakukan pengujian laboratorium beberapa waktu lalu, cor-coran yang menggunakan ready mix itu kualitasnya ternyata mutunya dibawah standart. Hal ini murni disebabkan oleh perusahaan penyedia ready mix itu sendiri. 

Setelah mutunya diketahui tidak sesuai dengan spek, maka, pihak Disdik langsung meminta agar rekanan merobohkan dan mengganti dengan yang baru. 

"Dulu dengan tegas kami minta dirobohkan. Ganti dengan yang baru. Yang mutunya sesuai dengan spek. Dan Alhamdulillah pihak rekanan mengikuti, " kata Sartian didampingi Kasi Sarana dan Prasarana,  Faisal ST. 

Waktu itu, kata dia, tim penguji laboratorium menguji semua sisi bangunan secara acak. Ada bagian tertentu yang mutu betonnya dibawah K100. Bagian beton yang tidak memenuhi standart itu lalu dirobohkan. Dan diganti dengan yang baru secara manual. 

"Tidak memakai ready mix lagi. Hasilnya ternyata, beton yang diaduk secara manual itu mutunya bahkan melebihi ready mix itu yakni mutu K300. Sementara standar beton yang digunakan untuk bangunan itu hanya beton K250, " sambung Faisal. 

Artinya menurut Faisal,  seluruh cor-coran bangunan SD N 018 Koto Taluk itu sudah tidak ada masalah. Karena sudah diuji ketahanan dan kekerasan betonnya melalui uji laboratorium. 

Sekedar diketahui,  ready mix adalah istilah untuk beton yang telah di-blend dengan rangkaian bahan material terdiri dari pasir dengan formulasi khusus.

Pengolahan formulasi khusus dilakukan di Batching Plant hingga menjadi beton cor siap pakai dan jadilah beton bermutu siap "disajikan" pada area proyek yang diinginkan.

Pengolahan ready mix berbeda dengan pembuatan beton cor yang biasa dilakukan oleh para pekerja bangunan biasa, dalam memberikan takaran yang kadang disesuaikan dengan selera.

Pembuatan campuran ready mix dilakukanara ahli khusus di bidang mixing, sehingga dapat menghasilkan mutu beton yang berkualitas tinggi.

Pembuat adonan beton bermutu tinggi disebut mix design, perancang, formulator sekaligus penentu kekekuatan beton yang dibuat.

Dalam pencampuran material-material beton yaitu krikil, pasir dan semen juga biasa diberi zat tambahan khusus yaitu admixture. (hendri) 

Loading...
BERITA LAINNYA
Usaha Galian C di Kuansing Dipastikan Tak Berizin
Senin, 12 Agustus 2019 | 21:59
Gudang Arsip Milik Pemkab Kuansing Terbakar
Minggu, 11 Agustus 2019 | 19:51
BERIKAN KOMENTAR
Top