• Home
  • Kuansing
  • dr Ukup: Selama Kontrak Berjalan Dokter WKDS Tak Boleh Praktek Diluar Tugas

dr Ukup: Selama Kontrak Berjalan Dokter WKDS Tak Boleh Praktek Diluar Tugas

Jumat, 11 Januari 2019 | 14:43
RiauGreen.com
dr Ukup
TELUKKUANTAN,  RIAUGREEN.COM - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Telukkuantan,  dr Fahdiansyah menegaskan,  bagi dokter yang masih menjalani Wajib Kerja Dokter Spesialis (WKDS) dilarang nyambi menjadi dokter praktek diluar tugas atau selama kontrak kerja 1 tahun berjalan. 

Aturan itu tertuang didalam MoU pihak Pemkab Kuansing bersama pihak kementerian saat meminta WDKS lalu.  Sebab lain,  dokter tersebut sudah dipastikan belum memiliki Surat Ijin Praktek (Sip)· 

Kata Ukup sapaan akrabnya,  WDKS itu diselenggarakan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan spesialistik.  

"Jadi pemerintah memandang perlu dilakukan upaya pemerataan dokter spesialis di seluruh Republik Indonesia, melalui WDKS itu, " ucap Ukup. 

Terkait untuk memenuhi kebutuhan itu,  Pemkab Kuansing pada bulan Januari tahun 2018 lalu,  mengajukan WDKS ini kepada pihak kementerian untuk ditempatkan di RSUD Telukkuantan.  

Atas permintaan itu,  pihak kementerian mengabulkan tiga orang dokter untuk ditugaskan di RSUD selama setahun. Penempatan ketiga dokter spesialis ini khusus untuk diperkerjakan di RSUD. 

Namun sebelum kontrak berkahir pada Januari 2019 ini,  tersiar kabar salahseorang dokter WDKS itu telah melakukan kerja praktek diluar tugas. Doktet dengan inisial TK itu disebut-sebut telah nyambi kerja di salah satu rumah sakit bersalin di Telukkuantan. 

Kontan dengan kelakuan salahseorang dokter itu,  telah menyebabkan kecemburuan sosial dari dua orang dokter lainnya. Sehingga telah menjadi polemik dikalangan seprofesinya saat ini. 

Bahayanya lagi,  dokter yang disebut-sebut nyambi praktek itu belum memiliki SIP. "Setahu saya belum memiliki SIP,  sebab salah satu persyaratan untuk mendapatkan SIP itu harus ada rekomendasi dari direktur rumah sakit disini, " jelas Ukup. (hendri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Mendag RI Tandatangani Prasasti UML Kuansing
Rabu, 20 Maret 2019 | 17:37
Pilkada Kuansing Desember 2020
Selasa, 19 Maret 2019 | 17:32
Wabup Halim Puji Kepintaran Satria Mandala Putra
Minggu, 17 Maret 2019 | 01:29
BERIKAN KOMENTAR
Top