• Home
  • Kuansing
  • Pengakuan Keluarga Asun: Mantan Suami Merri Telah Murtad Sebelum Meninggal

Pengakuan Keluarga Asun: Mantan Suami Merri Telah Murtad Sebelum Meninggal

Rabu, 19 Desember 2018 | 16:39
RiauGreen.com
Poto jenazah Asun saat disemayamkan beberapa bulan lalu

TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - Kisah jenazah Asun alias Ikramullah, warga Kuansing yang dikubur secara Budha terus menjadi perbincangan. Karena semasa hidupnya, mendiang suami Merri Ocvita (38) itu pernah mualaf. Tapi, saat ajal menjemputnya, Asun dikebumikan menurut ajaran Budha.

Akun, adik kandung Asun saat berbincang dengan RiauGreen.com tadi siang, Selasa (18/12/18) membantah semua tudingan yang diucapkan, Merri mantan kakak iparnya pada RiauGreen.com sepekan yang lalu. Saat itu Merri mengatakan jika mendiang suaminya itu tidak pernah murtad.

"Merri sendiripun tau kalau abang saya sudah kembali memeluk agama Budha," ucap Akun mengawali pembicaraan.

Sebenarnya Akun tidak mau mempersoalkan masalah itu. Apalagi menyangkut agama. Kata Akun, agama tidak semestinya dipersoalkan, karena menyangkut hubungan antara manusia dengan Tuhan. "Dan lagi soal agama itu sangat sensitif. Tak baik diributkan," ujar Asun.

Namun karena mantan kakak iparnya itu telah membuat pernyataan mengada-ada dimedia, terpaksa ia harus menjelaskan secara terang benderang. Supaya orang tidak mengira keluarganya macam-macam.

Cerita Akun, tudingan yang dilontarkan Merri terhadap keluarganya itu tidak benar adanya. Apalagi Merri mengaku telah dipaksa keluarganya untuk berbohong kepada Departemen Agama (Depag) Kuansing.

"Itu tidak benar. Bagaimana kami bisa memaksa Merri saat diperiksa Depag. Sementara kami saja dari keluarga tidak dilibatkan dalam pemeriksaan itu," kata Akun.

Dijelaskannya, penguburan abangnya itu, Asun secara Budha memang telah sesuai dengan ajaran yang dianutnya. Sejak setahun menjelang meninggal, Asun telah kembali masuk ke agama Budha. "Dia sudah mengucapkan Tisarana. Dan dia telah melakukan sembahyang Budha. Merri pun tau itu," jelas Akun.

Bahkan disaat jenazah Asun mau dimasukan kedalam peti mati, "Dan Merri lah yang memakaikan baju," sambungnya.

"Kini kenapa Merri mengungkit-ngungkit lagi orang yang sudah meninggal itu," tanya Akun.

Akun menjelaskan, Tisarana itu telah diucapkan oleh Akun setahun sebelum dia meninggal. Itu bearti Akun telah sah memeluk agama Budha. "Nah orang Budha tentu dikuburkan secara Budha," jelasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Merri mantan istri Asun merasa keberatan dengan cara penguburan mendiang suaminya secara Budha. Karena menurut Merri, Asun suaminya itu memeluk agama Islam. Asun telah masuk agama Islam sejak tahun 2005 lalu hingga ajalnya menjemput Januari 2018 lampau.

Merri mengaku, dirinya dipaksa oleh pihak keluarga suaminya untuk mengatakan kepada pihak Depag bahwasanya Asun telah kembali memeluk agama Budha. Sehingga penguburan mendiang suaminya itu dilakukan secara Budha. (hendri)


Loading...
BERITA LAINNYA
Pembangunan Jembatan Gunung Toar Telah Dimulai
Selasa, 25 Juni 2019 | 13:55
Kuansing Akan Pilkada 23 September 2020
Senin, 24 Juni 2019 | 19:17
BERIKAN KOMENTAR
Top