• Home
  • Kuansing
  • Refendi Zukman Dilantik Menjadi Kadisdukcapil Kabupaten Kuansing

Refendi Zukman Dilantik Menjadi Kadisdukcapil Kabupaten Kuansing

Senin, 17 Desember 2018 | 15:49
RiauGreen.com
Poto pelantikan Kadisdukcapil Kuansing, Refendi Zukman oleh Bupati Mursini.
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - H Refendi Zukman siang ini dilantik menjadi Kadisdukcapil Kabupaten Kuantan Singingi. Pelantikan mantan Camat Kuantan Tengah itu berlangsung diruang multimedia Kantor Bupati Kuansing, Senin(17/12/18).

Refendi Zukman didaulat menjadi Kadisdukcapil Kuansing melalui surat resmi Mendagri nomor: 821.22.8210 Tahun 2018, tanggal 10 Oktober 2018 tentang pengangkatan dalam jabatan pimpinan tinggi pratama selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kuansing.

Kata Bupati Kuansing, Drs Mursini saat memberikan sambutan menjelaskan, pengangkatan Refendi Zukman selaku Kadisdukcapil telah melalui serangkaian proses.

Refendi Zukman beberapa waktu lalu telah mengikuti proses terbuka jabatan tinggi pratama Kabupaten Kuansing yang diselenggarakan oleh panitia seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi pratama. 

Kemudian Ketua ASN melalui surat nomor :B-2585/KASN/10/2017 tanggal 5 Oktober 2017 merekomendasikan hasil seleksi terbuka jabatan tinggi pratama dinas kependudukan Kuansing kepada Bupati Kuansing untuk memilih satu dari tiga nama diajukan oleh pantia seleksi untuk ditetapkan dan dilantik.

Menurut Bupati Mursini, pengambilan sumpah dan pelantikan Kadisdukcapil siang ini merupakan rangkaian proses panjang yang mengacu kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku, antara lain undang-undang nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan PP nomor 11 Tahun 2017 tentang manajemen PegawaiNegeri Sipil serta surat edaran nomor 470/134/SJ tentang pengangkatan dan pemeberhentian pejabat pada unit kerja yang menangani urusan kependudukan.

Ditambahkan bupati, jabatan Kadisdukcapil merupakan posisi yang sangat krusial dan strategis yang menyangkut penertiban dokumen kependudukan, pengelolaan informasi administrasi serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan publik dan pembangunan sektor lain.

Diingatkan Bupati Mursini, pada tahun 2019 kita akan menghadapi Pilpres, Pileg. Proses pemutakhiran data pemilih menjadi tanggungjawab KPU yang mana, data pemilih yang berhak dan memenuhi syarat didapatkan dari data kependudukan dan pencatatan sipil.

"Bagaimanapun, pemilu adalah instrumen demokrasi yang bersifat administratif, itu sebabnya KTP-el sebagai bukti administrasi kependudukan menjadi penting bagi pemilih dalam memperjuangkan hak-hak politik kewarganegaraan," kata Mursini.

Camat akan dijabat oleh Plt.

Sementara itu, Sekda Kuansing DR Dianto Mampanini usai pelantikan mengatakan, jabatan Camat Kuantan Tengah sepeninggalan  Refendi Zukman akan dijabat sementara oleh Plt. "Untuk sementara waktu akan dijabat oleh Sekcam sebagai Plt," tutup Dianto.

Pelantikan tadi siang dihadiri oleh Wakil Bupati Kuansing, H Halim, Sekda Kuansing, Dianto Mampanini, Kadis se Kuansing, Forkopimda, camat se Kuansing. (hendri)


Loading...
BERITA LAINNYA
Kuansing Akan Pilkada 23 September 2020
Senin, 24 Juni 2019 | 19:17
BERIKAN KOMENTAR
Top