• Home
  • Kuansing
  • Kuansing Punya Ekowisata Edukasi Dari Kelompok Tani Beken Jaya

Kuansing Punya Ekowisata Edukasi Dari Kelompok Tani Beken Jaya

Sabtu, 08 Desember 2018 | 14:48
RiauGreen.com
Poto: pelajar saat mengunjungi kebun milik kelompok tani Bekens Jaya.

BENAI, RIAUGREEN.COM- Kabupaten Kuansing patut berbangga, karena kini miliki ekowisata pertama yang dikelola kelompok tani. Kelompok Tani "Beken Jaya" yang terletak di Kecamatan Benai ini merupakan salah satu kelompok tani yang dinilai telah berhasil mengembangbiakan beragam jenis tanaman yang tadinya dianggap tidak cocok dengan kondisi tanah di daerah tersebut.

Sebelumnya, kelompok tani ini hanya berhasil mengembangkan cabe merah dan bawang. Namun kini, dilahan lebih kurang setengah hektar itu telah ditanami beragam jenis buah-buahan seperti, melon, jagung dan labu madu.

Kesuksesan kelompok tani Beken Jaya ini telah menjadi contoh keberhasilan petani mengembangkan produk pertanian di Kabupaten Kuansing. Nyaris saban hari kebun milik kelompok tani ini ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah.

"Di Kuansing, mungkin ini satu-satunya kelompok tani yang membangun ekowisata. Sekaligus menjadi wisata edukasi bagi pelajar," ucap Beni Miprasadi warga Benai kepada RiauGreen.com via WhatsApp, Sabtu (8/12/18) siang.

Kata Beni, selain masyarakat umum, para siswa dari beragam sekolah kerap mengunjungi kebun ini. Bahkan mereka menjadikan kebun itu sebagai wisata edukasi. "Mereka berwisata sambil belajar," terang Beni.

Kata Beni, kepada para pelajar ini dikenali jenis tanam-tanaman. "Menunjukkan kepada anak-anak bahwasanya jenis tumbuhan ini juga bisa tumbuh di Benai," jelas Beni sembari berharap explore wisata dengan konsep edukasi ini akan memantik minat wisatawan. (hendri)


Loading...
BERITA LAINNYA
Wabup Halim Hadiri HUT PDIP ke 46 di Jakarta
Jumat, 11 Januari 2019 | 13:33
2019 Disdik Kuansing Peroleh DAK Rp32 Miliar
Rabu, 09 Januari 2019 | 21:33
BPKAD Kuansing Minta OPD Segera Laporkan Aset
Selasa, 08 Januari 2019 | 14:40
BERIKAN KOMENTAR
Top