• Home
  • Kuansing
  • Terpilih Sebagai Desa Terbaik Nasional, Kemendes Akan Berikan Bantuan Stimulan Untuk Desa Seberang Taluk

Terpilih Sebagai Desa Terbaik Nasional, Kemendes Akan Berikan Bantuan Stimulan Untuk Desa Seberang Taluk

Senin, 03 Desember 2018 | 21:26
RiauGreen.com
Poto Kades Seberang Taluk, Emil Harda saat menerima penghargaan dari Kemendes di Jakarta pekan lalu.

TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - Desa Seberang Taluk, Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) merupakan desa terbaik kedua tingkat nasional dibidang keterbukaan informasi dan pelayanan publik. Penghargaan itu diberikan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI di Jakarta hari ini, Kamis (29/11/18) lalu.

Atas keberhasilan itu, pihak kementerian desa akan memberikan bantuan secara stimulan kepada Desa Seberang Taluk senilai Rp50 juta untuk Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) itu.

Selain itu, Desa Seberang Taluk juga akan diprioritaskam mendapatkan program unggulan dari Kemendes.

"Kemudian menteri akan menyurati gubernur dan bupati untuk memprioritaskan 69 desa juara provinsi se Indonesia. Termasuk Desa Seberang Taluk. Dan untuk teknisnya nanti Kemendes akan memanggil 69 desa itu sebelum tanggal 15 Desember mendatang," kata Kades Seberang Taluk, Emil Harda saat berbincang dengan RiauGreen.com, Senin pagi (3/12/18).

Desa Seberang Taluk merupakan desa yang diunggulkan di Kabupaten Kuansing. Desa ini ditetapkan sebagai desa Agropolitan atau kota pertanian. Agropolitan itu sendiri ditopang oleh tiga pilar diantaranya, Agro Industri, Agro Bisnis dan Agro Wisata.

Selain itu, Desa Seberang Taluk juga termasuk kedalam konsep waterpront city atau kota yang menghadap kelaut (sungai-red).

"Tujuannya menjadikan Desa Seberang Taluk menjadi etalase sebagai ekonomi kerakyatan Kabupaten Kuansing," kata Emil.

Dibidang prestasi, Desa Seberang Taluk telah berhasil meraih beragam perlombaan baik yang diadakan tingkat kabupaten maupun tingkat provinsi. Pada tahun 2018 ini, setidaknya ada tiga buah prestasi yang dicapai diantaranya,  Juara II Taman Obat Keluarga (Toga) di Riau untuk kategori wilayah perkotaan.

Kata Emil, didesanya itu ada sebanyak 99 macam obat-obatan yang ditanam. Beragam jenis obat-obatan ini ditanam disekitaran kantor desa.

Selanjutnya, Desa Seberang Taluk  Juara II di Riau lomba desa yang diadakan oleh Kemendagri dan juara harapan I lomba PKK di Provinsi Riau.

Sedangkan ditingkat nasional, Desa Seberang Taluk meraih juara II dibidang keterbukaan informasi dan pelayanan publik. Penghargaan itu diberikan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI. (hendri)


Loading...
BERITA LAINNYA
Janji Wabup Kuansing Diabaikan Bappeda
Kamis, 13 Desember 2018 | 10:20
Staf Ahli Bupati Kuansing, Eriswan Meninggal Dunia
Senin, 10 Desember 2018 | 14:04
BERIKAN KOMENTAR
Top