Bantuan PKH Untuk Kuansing Berkurang

Kamis, 15 November 2018 | 16:21
RiauGreen.com
Poto Warga ambil bantuan:Ratusan Keluarga Penerima Manfaat PKH Kecamatan Gunung Toar mengambil bantuan tahap III di Kantor Camat Gunung Toar belum lama ini.

TELUK KUANTAN, RIAUGREEN.COM - Tidak seperti bantuan tahap 1,2 dan 3. Bantuan Program Keluarga Harapan (PKH) yang akan diterima Keluarga Penerima Manfaat (PKM) tahap 4 di Kuansing mendatang nilainya akan berkurang. Pengurangan itu berdasarkan SK NO: 606/LJS.JSK/09/2018. Bantuan PKH tahap 4 thn 2018.

"Iya. Ini keputusan dari pusat. Kalau yang sebelumnya, KPM reguler, mereka menerima Rp1.890.000 pertahun. Dengan rincian, untuk  tahap 1,2 dan 3 keluaga menerima Rp500 ribu dan untuk tahap 4 sebanyak Rp390 ribu. Sedangkan untuk KPM Kesos Lansia dan Disabilitas mereka menerima Rp500 ribu setiap tahapya," ujar Koordinator PKH Kuansing, Sisrianto kepada wartawan, Kamis (15/11/18).

Dengan adanya penyesuaian anggaran dari pusat, lanjut Sisrianto, untuk tahap 4 yang akan diterima berkurang jika dibandingkan dengan jumlah yang sudah diterima masyarakat sebelumnya. "Ditahap 4 ini, yang biasanya KPM menerima Rp390 ribu, besok mereka hanya menerima Rp266 ribu. Begitu juga dengan Lansia dan disabilitas. Dari Rp500 ribu, besok mereka hanya menerima Rp340 ribu," terang Sisrianto.

Sisrianto mengimbau kepada seluruh pendaping PKH yang ada di Kuansing, supaya berkoordinasi dengan pemerintah desa dan seluruh KPM untuk menjelaskan perihal perubahan dari pusat tersebut. Sebab, lanjut Sisrianto, persoalan tersebut bisa menjadi tanda tanya bagi masyarakat yang menerima bantuan yang bersumber dari pemerintah pusat tersebut.

"Saya menekankan kepada seluruh Pendamping PKH, supaya memberikan Edukasi kepada KPM. Kemudian kita juga berharap kepada KPM agar dapat memahami perubahan kebijakan ini, sehingga nantinya tidak muncul anggapan telah terjadi pemotongan Dana Bantuan Sosial PKH. Nah, ini harus dijelaskan dulu sebelum masyarskat menerimanya," kata Sisrianto. (hendri)


Loading...
BERITA LAINNYA
Janji Wabup Kuansing Diabaikan Bappeda
Kamis, 13 Desember 2018 | 10:20
Staf Ahli Bupati Kuansing, Eriswan Meninggal Dunia
Senin, 10 Desember 2018 | 14:04
BERIKAN KOMENTAR
Top