• Home
  • Kuansing
  • Kabupaten Kuantan Singingi Peringati Hari Koperasi ke 71 Tahun 2018

Kabupaten Kuantan Singingi Peringati Hari Koperasi ke 71 Tahun 2018

Senin, 22 Oktober 2018 | 17:51
RiauGreen.com
Poto acara peringatan hari koperasi ke 71 di Kuansing
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM- Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Koperasi  Usaha Kecil Menengah, Perdagangan dan Perindustrian menaia Upacara Peringatan  Hari Koperasi ke 71 Tahun 2018 senin 22/10/2018 dilapangan Upacara Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi, dengan Inspektur Upacara Bupati Kuantan Singingi Drs. H.Mursini  M.Si.

Upacara Peringatan Hari Koperasi yang ke 71 ini di ikuti oleh, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah, Seluruh kepala OPD, ASN dan pengurus koperasi se Kabupaten Kuantan Singingi.

Dalam amanatnya, Mursini yang membacakan Pidato Menteri Koperasi Usaha Kecil dan Menengah RI menyampaikan tiga penekanan reformasi koperasi

Pertama, Reorientasi Koperasi, yaitu mengorientasikan pemberdayaan koperasi kegiatan ada kualitasnya, bukan lagi kepada kwantitas koperasi. Oleh karena itu para pembina koperasi mulai menggerakkan  pembangunan koperasi yang berkualitas dari aspek kelembagaan, usaha dan keuangannya.

Kedua, Rehabilitasi Koperasi, yang dimulai dengan membuat data base koperasi di seluruh indonesia sebagai dasar untuk pembenahan koperasi.

Ketiga Pengembangan Koperasi Pemerintah terus menerus melakukan pembinaan untuk pengembangan koperasi. Berdasarian Data Kementrian Koperasi dan UKM, Koperasi telah memberikan kontribusi terhadap PDB (Pendaoatan Domestik Bruto dimana pada tahun 2014 PDB nasional 1, 71 persen dan pada tahun 2017 PDB naik menjadi 4,48 persen.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perdagangan dan Perindustrian Dra. Azhar MM yang didampingi Sekretaris Yusnaningsih dan Kabid Koperasi Yuhepri. menyampaikan kepada wartawan, bahwa moment peringatan hari koperasi yg ke 71 ini juga dimanfaatkan dengan memberikan penghargaan kepada  5 (lima) koperasi terbaik kelompok Koperasi Unit Desa, dan 5 (lima) koperasi terbaik kelompok koperasi lainnya.

Adapun Kelompok Koperasi Unit Desa yang mendapatkan penghargaan tahun 2018 secara berurutan adalah, KUD Setia Kawan dari Desa Suka Damai Terbaik satu, KUD Makmur Sei Sirih Terbaik dua, KUD Makarti Sei Keranji terbaik tiga, KUD Bina Karya Desa Bukit Raya terbaik  empat dan KUD Tani Sepakat Koto Baru terbaik Lima.

Menurut Azhar, dari 207 koperasi di Kabupaten Kuantan Singingi hanya 100 koperasi yang sdh melakaanakan RAT ( Rapat Anggota Tahunan).

Kita akan berupaya untuk terus melakukan pembinaan agar koperasi yang belum bisa melaksanakan RAT, mampu melaksanakan RAT, karna salah satu indikator aktifnya koperasi itu adalah  apakah koperasi itu melakaanakan RAT atau tidak, ujar Azhar mengakhiri. (hendri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Bantuan PKH Untuk Kuansing Berkurang
Kamis, 15 November 2018 | 16:21
BERIKAN KOMENTAR
Top