• Home
  • Kuansing
  • Anjuran Bersepeda Bagi Pelajar dan ASN Kuansing, Zulkifli: Bupati Jangan Gaptek

Anjuran Bersepeda Bagi Pelajar dan ASN Kuansing, Zulkifli: Bupati Jangan Gaptek

Kamis, 11 Oktober 2018 | 14:38
RiauGreen.com
Poto Mantan Wakil Bupati Kuansing Drs Zulkifli
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - Kendatipun dukungan bersama gerakan bersepeda telah ditandatangani oleh semua OPD dilingkungan pemerintahan Kabupaten Kuansing, Rabu (10/10/18) kemarin, namun gerakan itu dianggap sebagai terobosan yang nyeleneh.

Dimana, bagi pelajar dianjurkan bersepeda kesekolah dan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) juga dianjurkan setiap hari kamis mendayung sepeda ke tempat kerja. "Kenapa tidak disuruh jalan kaki sekalian biar kembali ke masyarakat nomaden. Bupatinya jangan Gapteklah," sindir mantan Wakil Bupati Kuansing, Zulkifli melalui pesan singkat kepada RiauGreen.com, Kamis (11/10/18) siang.

Menurut Zulkifli, teknologi itu diciptakan manusia adalah untuk mempersingkat jarak, memudahkan yang sulit dan mempercepat gerakan. "Tekhnologi untuk efisiensi dan efektifitas, mengatur aktifitas itu disebut manajemen hidup," cakap Zul.

Jika pemerintah Gagap Teknologi (Gaptek), sambung Zul, akan menyebabkan lambannya kinerja mereka. Diakuinya, bersepeda memang suatu upaya untuk membiasakan diri berolahraga. Tetapi ini tidak bisa dilakukan dalam sistim kerja. "Bekerja itukan perlu kecepatan. Coba bayangkan jika ASN itu bersepeda kesana kemari mengurus sesuatu. Itu runyam jadinya," ucap Zul.

Oleh karena itu, mantan Sekda Kuansing ini mengharapkan agar Bupati Mursini menganjurkan jajaran pemerintah mempergunakan teknologi dewasa ini untuk efisiensi kerja. "Bukan malah kembali ke zaman batu," tutur Zulkifli.

Pada hari Rabu kemarin, Bupati Kuantan Singingi, H Mursini mendukung adanya kegiatan bersepeda ke sekolah. Dia menyebutkan kegiatan itu merupakan upaya untuk membiasakan diri berolahraga bagi masyarakat.

Kata Mursini, banyak faedah yang diambil dari kegiatan bersepeda ini. Diantaranya, membuat masyarakat hidup sehat serta ramah lingkungan.

"Disamping itu dengan bersepeda mengelilingi desa kita juga bisa menyaksikan suasana pedesaan nan asri dan melihat geliat pembangunan yang ada di desa. Selain itu sejalan juga dengan germas, gerakan masyarakat hidup sehat bersepeda, sehat dan ramah lingkungan.", ujar Bupati Mursini  saat memeriahkan Fun Bike di Gunung Toar, Rabu (10/10/18) kemarin.

Fun Bike tersebut diaelenggarakan dalam rangka HUT Kabupaten Kuantan Singingi ke-19 Tahun 2018. Adapun rute yang dilintasi oleh peserta Fun Bike kemarin mulai dari Desa Siberobah melewati sepanjang Desa Teberau Panjang menuju Desa Pulau Rumput, kemudian melewati Desa Seberang Sungai kembali ke Desa Teberau Panjang melalui Desa Seberang Gunung Kecamatan Gunung Toar.

Sementara peserta yang mengikuti kegiatan ini sekitar 500 orang banyaknya yang terdiri dari siswa dan siswi sekolah se Kecamatan Gunung Toar, Kecamatan Pangean, Hulu Kuantan dan Kuantan Mudik.

Bupati Mursini juga mengharapkan kegiatan bersepeda ini juga dilakukan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang ada di Kabupaten Kuansing. Bagi ASN, kata Bupati Mursini, kegiatan bersepeda ketempat kerja bisa dilakukan setiap hari Kamis.

"Tujuan nya untuk mengkampanyekan gerakan bersepeda baik ke sekolah bagi pelajar dan kamis bersepeda bagi ASN," cakap Mursini.

Dengan bersepeda ini kata dia, pemerintah bisa langsung dan dapat melihat pembangunan di desa serta dapat menyerapkan aspirasi dari masyarakat secara langsung. 

Loading...
Kedepannya, Mursini berharap agar siswa usia dibawah 17 tahun tidak lagi memakai sepeda motor ke sekolah, karena berbahaya rawan kecelakaan. Selain itu akan membuat biaya hidup semakin meningkat.

"Tidak jarang siswa-siswi di usia SMP sudah minta sepeda motor pada orang tuanya, kadang kala orang tuanya terpaksa kredit motor demi anak, ini bisa menimbulkan kesulitan ekonomi bagi masyarakat.", terang Bupati.

Bersempena kegiatan Fun Bike kemarin juga di tanda tangani bersama dukungan gerakan besepeda ke sekolah dan Kamis bersepeda bagi ASN oleh Bupati Mursini, Kepala OPD, Para Kades, BPD, Kepala Sekolah se-Kecamatan Gunung Toar, Upika dan tokoh masyarakat Gunung Toar. (hendri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Janji Wabup Kuansing Diabaikan Bappeda
Kamis, 13 Desember 2018 | 10:20
Staf Ahli Bupati Kuansing, Eriswan Meninggal Dunia
Senin, 10 Desember 2018 | 14:04
BERIKAN KOMENTAR
Top