• Home
  • Kuansing
  • Bantu Korban Gempa dan Tsunami Palu, Pemkab Kuansing Baru Kirim Doa

Bantu Korban Gempa dan Tsunami Palu, Pemkab Kuansing Baru Kirim Doa

Kamis, 11 Oktober 2018 | 13:16
RiauGreen.com
Poto acara doa dan zikir bersama untuk korban gempa dan tsunami
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - Tak banyak yang bisa diperbuat oleh Pemerintahan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) dalam membantu korban gempa dan tsunami di Palu. Setakad ini baru hanya doa yang bisa dikirimkan agar korban gempa baik yang masih hidup maupun yang telah tewas diberikan kelapangan oleh Allah SWT.

Kegiatan doa bersama untuk korban gempa dan tsunami itu dilakukan kemarin, Rabu (10/10/18) pagi di Mesjid Agung Telukkuantan. Selain doa, sebenarnya Pemkab Kuansing ingin membantu korban disana baik berupa moril maupun materil. Namun dikarena ketersediaan dana sehingga niat itu belum bisa dilakukan.

"Secara resmi dari pemerintah belum ada kami kirim bantuan. Sebab dana untuk itu tidak ada dianggarkan dalam APBD," ucap Sekda Kuansing Dianto Mampanini saat dikonfirmasi RiauGreen.com via telepon, Rabu 10/10/18) siang.

Dianto menyebutkan, pihaknya tidak bisa menggunakan APBD sembarangan. Kecuali untuk dana itu termakhtub dalam APBD saat pembahasan APBD Perubahan lalu.

"Kita tidak bisa mengambil dana dari pos manapun. Kecuali untuk bantuan itu memang dibahas dalam APBD Perubahan kemarin," cakap Dianto.

Kendatipun demikian, ujar Dianto, pihaknya akan tetap berupaya mencarikan jalan lain untuk membantu korban gempa disana. Caranya kata dia, dengan menghimpun bantuan sukarela dari masyarakat. Bantuan tersebut nantinya akan dikoordinir oleh pemerintahan sendiiri.

Loading...
"Kalau dikecamatan akan dikoordinir oleh pihak kecamatan, lalu setelah terkumpul nanti baru kita kirim," terangnya.

Sebelum kegiatan pengumpulan itu dilakukan, pemerintah kabupaten akan terlebih dahulu mengeluarkan surat edaran. Surat edaran ini nantinya akan dikirim ke seluruh Kades dan seluruh kecamatan. "Ini surat edarannya tengah kita persiapan. Nanti kirim ke desa maupun ke kecamatan," tutup Dianto. (hendri)

BERITA LAINNYA
BERIKAN KOMENTAR
Top