• Home
  • Kuansing
  • Lapuk Dimakan Usia, Jembatan Pulau Rengas Pangean Ambruk

Lapuk Dimakan Usia, Jembatan Pulau Rengas Pangean Ambruk

Minggu, 07 Oktober 2018 | 20:56
RiauGreen.com
Poto jembatan Desa Sukaping yang ambruk
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - Akses jalan dari Desa Sukaping menuju Desa Pulau Rengas, Kecamatan Pangean terputus. Pasalnya, jembatan kayu sebagai penghubung ambruk, Sabtu (6/10/18) siang.

Menurut warga setempat, jembatan itu ambruk karena memang sudah lapuk dimakan usia. Sejak dibangun pada tahun 2005 lalu, jembatan itu merupakan akses penting yang dilalui masyarakat setiap hari.

Kendatipun jembatan itu sebatas akses alternatif warga, namun warga kedua desa setiap hari menggunakannya. Karena akses itu merupakan jalan pintas warga menuju kedua desa. 

"Lapuk karena sudah dimakan usia," ujar Joko warga Pangean kepada RiauGreen.Com, Ahad sore.

Kata Joko, jembatan sepanjang 120 meter itu berdiri di atas areal persawahan penduduk dan dibangun tahun 2005 lalu melalui program Tentara Manunggal Masuk Desa (TMMD) yang bekerjasama dengan Pemkab Kuansing.

Kata dia, sehari-sehari jembatan itu dimanfaatkan masyarakat untuk penghubung menuju Desa Pulau Rengas. Saat musim turun ke sawah, ujar Joko, jembatan ini dimanfaatkan sebagai akses mengangkut hasil panen padi.

Sebenarnya, sebelum ambruk, masyarakat telah meminta pemerintah membangun jembatan baru. Namun, permintaan tersebut belum direspon.

Karena itu, Pemerintah Desa Sukaping berinisiatif membangun jembatan tersebut dengan Dana Desa (DD) yang bersumber dari APBN 2019 mendatang. 

"Jembatan ini sangat dibutuhkan. Sekarang masyarakat jadi sulit untuk beraktivitas, setelah ambruk siang kemarin," kata Kades Sukaping Awirman, Ahad (7/10/18) pagi. (hendri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Janji Wabup Kuansing Diabaikan Bappeda
Kamis, 13 Desember 2018 | 10:20
Staf Ahli Bupati Kuansing, Eriswan Meninggal Dunia
Senin, 10 Desember 2018 | 14:04
BERIKAN KOMENTAR
Top