Waduh, 2019 Keuangan Kuansing Semakin Sulit

Selasa, 18 September 2018 | 13:36
RiauGreen.com
Poto Kepala BKAD Kuansing, Hendra AP
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - Bukannya semakin membaik. Diperkirakan pada tahun 2019 nanti keuangan Pemerintahan Kabupaten Kuantan Singingi semakin memburuk. Hal ini disebabkan menurunnya penerimaan daerah dari pemerintah pusat dibandingkan pada tahun sebelumnya. 

" Target penerimaan daerah tahun 2019 cuma 1.1 Triliun. Sementara tahun 2018 sebanyak 1.4 Triliun. Artinya terjadinya pengurangan sebesar Rp300 miliar," ujar Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (/BPKAD) Kuansing, Hendra AP, Selasa (18/9/18).

Kata Hendra, saat ini Pemkab Kuansing berharap tambahan dana dari Dana Alokasi Khusus ( DAK). Untuk mendapatkan itu tergantung kemampuan pemerintah daerah melobi kementrian terkait di Jakarta.

Menanggapi kondisi ini, dewan Kuansing meminta agar Pemerintah Mursini-Halim lebih serius melobi pusat. Mereka diminta agar terus berjuang merebut dana pusat maupun dari provinsi.

"Harusnya semakin lama semakin naik dan ini menandakan lobi atau perjuangan Pemkab merebut dana dari pusat dan provinsi lemah," tutur anggota Komisi B Rustam Efendi.

Fendi tidak menampik, jika kondisi keuangan ini dibiarkan begitu saja maka, tidak tertutup kemungkinan tidak akan ada pembangunan di Kuansing. "Pakai apa membangun kalau uangnya tak ada," ucap Fendi.

Senada dengan itu, anggota Komisi B lainya, Rosi Atali mengatakan, Pemkab Kuansing setidaknya mencontoh kabupaten tetangga, Muaro Bungo. Disana kata dia, Pemkab Muaro Bungo dalam setahun setidaknya mendapatkan anggaran Rp100 miliar dari APBN.

Anggaran ini, kata Rosi, adalah gelondongan di seluruh OPD dan itu hampir setiap tahun mereka dapatkan.

Loading...
"Dan dana ini direbut oleh Pemkab Muaro Bungo melalui setiap kementerian. Yang datang ke sana langsung kepala OPD nya, sehingga Kementerian merasa dihargai. Mereka tidak mau mengutus setingkat Kabid," kata Rosi disela sela kunjunganya ke Muaro Bungo pekan lampau. (hendri)

Loading...
BERITA LAINNYA
Janji Wabup Kuansing Diabaikan Bappeda
Kamis, 13 Desember 2018 | 10:20
Staf Ahli Bupati Kuansing, Eriswan Meninggal Dunia
Senin, 10 Desember 2018 | 14:04
BERIKAN KOMENTAR
Top