• Home
  • Kuansing
  • Dari 1,5 juta Bibit Sawit, MH Baru Tunaikan 150 ribu Batang

Dari 1,5 juta Bibit Sawit, MH Baru Tunaikan 150 ribu Batang

Jumat, 14 September 2018 | 20:00
RiauGreen.com

TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - Pemerintahan Mursini-Halim (MH) sudah berjalan lebih kurang 2 tahun lamanya. Salah satu janji kampanye pasangan MH ini adalah memberikan bantuan bibit sawit gratis kepada masyarakat sebanyak 1,5 juta batang.

Namun memasuki 2 tahun masa berkuasa, bibit sawit yang dianjikan itu baru tersalurkan sebanyak 150 ribu batang pada tahun 2017 lalu. Artinya pemerintahan MH masih berutang janji sebanyak 1,350 juta batang bibit sawit.

Tahun 2018 ini, Pemerintah Kabupaten Kuansing melalui Dinas Pertanian Bidang Perkebunan tidak akan memberikan bantuan bibit sawit kepada masyarakat. Kata Dinas Pertanian, bantuan tersebut akan di berikan pada periode berikutnya.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Perkebunan Kuansing, Syoffinal Jumat (14/9/18). Menurut Syoffinal, pengadaan bibit sawit tahun 2018, tidak memungkinkan karena Pemkab melakukan peremajaan kebun sawit dan karena rasionalisasi anggaran.

"Kita undur untuk tahun 2019. Artinya, bantuan tersebut tetap, tapi kita salurkan tahun depan. Sebetulnya tidak ada yang kurang. Malahan kuotanya bisa bertambah untuk masyarakat lain. Peremajaan ini bukan kita saja, tapi daerah lain juga dilakukan," ujar Syoffinal.

Syoffinal menambahkan, dengan tidak adanya bantuan bibit sawit tahun 2018, Pemkab berencana menggantinya dengan pembibitan kecambah sawit. Dengan cara pembibitan tersebut, selain murah, juga akan menguntungkan bagi masyarakat Kuansing.

Loading...
"Iya. Kita akan bekerjasama dengan BPKS, karena mereka memiliki tenaga ahli dilapangan. Secara teknis kita bisa tapi secara resmi tentu tidak harus mengggandeng pihak BPKS. Nah, kalau nanti berjalan lancar, kita bisa memanfaatkan tenaga kerja lokal untuk dipekerjakan di pembibitan tersebut,"ujar Syoffinal. (hendri)


Loading...
BERITA LAINNYA
Bantuan PKH Untuk Kuansing Berkurang
Kamis, 15 November 2018 | 16:21
BERIKAN KOMENTAR
Top