• Home
  • Kuansing
  • Berawal Dari Cemoohan, Akhirnya Jalur Sang Ratu Helmina Juara 1 Rayon III Kuantan Mudik

Berawal Dari Cemoohan, Akhirnya Jalur Sang Ratu Helmina Juara 1 Rayon III Kuantan Mudik

Minggu, 05 Agustus 2018 | 20:24
Hendrianto
Poto Jalur Sang Ratu Helmina Koto Kombu.
TELUKKUANTAN, RIAUGREEN.COM - Kalah tanding dihari pertama saat pacujalur ajang ujicoba di Kecamatan Gunung Toar, pada hari Kamis (19/7/19) lalu, merupakan tonggak awal keberhasilan Jalur Sang Ratu Helmina hingga menapaki juara pertama pada pacujalur rayon III, Kecamatan Kuantan Mudik, Sabtu (4/8/18) kemarin.

Berawal dari kekalahan saat melawan Jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori itu, tidak membuat semangat atlit jalur yang berasal dari Desa Koto Kombu itu memudar. Justru sebaliknya semakin berapi api. 

"Kalah itu memang pahit. Namun tidak boleh kita terlalu sedih. Justru dari kekalahan itu semangat kami bangkit kembali," ujar Suharsoyo salah seorang atlit Sang Ratu Helmina kepada RiauGreen.com, Ahad (5/8/18).

Yang lebih membakar semangat anak pacu ujar Suharsoyo, kekalahan saat melawan Jalur Ngiang Kuantan Cahayo Nagori lalu, salahsatu penyebabnya dikarenakan oleh ketahanan fisik. Bahkan kata dia, tak jarang pula dari penonton menyebutkan atlit jalur Sang Ratu Helmina memiliki fisik yang lemah.

"Cemoohan itulah yang menjadi motivasi kami dalam berlatih," beber atlit yang berprofesi sebagai guru itu.

Sadar dengan kelemahan itu, porsi latihan pun ditingkatkan. Tidak hanya ketahanan dan kecepatan yang dilatih, namun strategi juga diterapkan. "Namun yang paling penting kekompakan tim yang perlu dijaga," bebernya.

Sementara itu, Kepala Desa Koto Kombu, Firdaus membenarkan, berawal dari kekalahan saat melawan Ngiang Kuantan Cahayo Nagori itu pihaknya mendapatkan pelajaran yang sangat berharga. Dari kekalahan itu mereka mulai memperbaiki semua kelemahan.

"Alhamdulillah, berkat kekompakan seluruh masyarakat didesa ini, semua kelemahan itu kami atasi bersama. Sumbang dan saran juga kami terima," ujar Firdaus.

Atas keberhasilan menjadi juara pertama tingkat rayon III kemarin,  Firdaus mengucapkan terimahkasih kepada seluruh masyarakat Koto Kombu atas dukungan, baik moril maupun materil sehingga jalur tersebut berhasil sebagai jawara di Tepian Saidina Ali kemarin.

Sekedar dikefahui, jalur Sang Ratu Helmina dari Desa Koto Kombu, Kecamatan Hulu Kuantan berhasil keluar sebagai juara pertama pacujalur rayon III yang digelar di Tepian Saidina Ali, Desa Luai, Kecamatan Kuantan Mudik.

Dalam ajang tersebut, jalur yang dibuat pada tahun 2016 lalu itu berhasil menumbangkan jalur jalur andalan dari berbagai kecamatan. Diantaranya, jalur Soriak Sarumpun dari Desa Pulau Binjai, Kecamatan Kuantan Mudik, Jalur Koghi Pusako Desa Banjar Guntung, Kecamatan Kuantan Mudik, Jalur Bintang Emas Cahaya Intan, Desa Tanjung, Kecamatan Hulu Kuantan. 

Selanjutnya Ratu Sialang dari Desa Bukit Kauman, Kecamatan Kuantan Mudik dan Jalur Kalo Jengking Tigo Jumbalang dari Desa Sungai Manau Kecamatan Kuantan Mudik serta Jalur Toduang Biso Rimbo Piako dari Desa Pebaun Hilir Kecamatan Kuantan Mudik.

Loading...
Jalur Toduang Biso Rimbo Piako ini berdasarakan catatan RiauGreen.com merupakan jalur peringkat ketiga pacujalur tradisional yang digelar di Tepian Narosa Telukkuantan pada tahun 2017 lalu. (hendri)


BERITA LAINNYA
Tujuh Buah Jalur Besok Berebut Jawara
Sabtu, 04 Agustus 2018 | 00:27
BERIKAN KOMENTAR
Top