• Home
  • Kuansing
  • Sepakat Kembangkan Pendanaan Pemajuaan Kebudayaan. Sekda Kuansing: Ini Sejalan Dengan Visi dan Misi Kuansing
Rakornas di Jakarta.

Sepakat Kembangkan Pendanaan Pemajuaan Kebudayaan. Sekda Kuansing: Ini Sejalan Dengan Visi dan Misi Kuansing

Selasa, 31 Juli 2018 | 16:43
Hendrianto
JAKARTA, RIAUGREEN.COM - Kementerian Kordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan mengadakan Rapat Koordinasi dengan Pemerintahan Kabupaten Kuantan Singingi di Jakarta, Selasa (31/7/18). Sekda Kuansing, DR Dianto Mampanini hadir mewakili Bupati Mursini.

Rapat tersebut membahas terkait pengembangan pendanaan kebudayaan sebagai Kompas Pembangunan Nasional.

Rakornas itu juga dalam rangka mengoptimalkan upaya dalam menyamakan persepsi dan bergotong-royong dalam pemajuan kebudayaan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.

"Saat ini, Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah telah melakukan pengembangan pendanaan pemajuan kebudayaan yang berasal dari APBN, APBD, DAK Kebudayaan, Masyarakat dan atau sumber lain yang tidak mengikat sesuai dengan peraturan perundang-undangan," ujar Sekda Kuansing Dianto Mampanini. 

Kata Sekda Dianto, bagi Kuansing ini kegiatan yang sangat strategis karena sejalan dengan Visi dan Misi Kabupaten Kuansing,  yang sangat kaya akan budaya, tradisi, adat, dan destinasi wisata. "Tujuan akhir kita adalah untuk meningkatkan ekonomi masyarakat juga," urai Sekda.

Sekda juga menambahkan, ada beberapa poin kesepakatan antara lain, Kementerian koordinasi bidang pembangunan manusia dan kebudayaan mengoptimalkan fungsi koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian pemajuan kebudayaan bersama dengan kementerian atau lembaga terkait di tingkat pusat dan daerah.

"Selain itu, kementerian PPN/ BAPPENAS juga merumuskan arah kebijakan dan strategi pemajuan kebudayaan dalam RPJMN 2020- 2024 dan RKP untuk menjadi acuan bagi pemerintah daerah. 

Terakhir,  Sekda berharap kegiatan ini kedepan telah menjadi fokus Pemerintah Pusat dan akan dilaksanakan oleh Pemerintah Daerah, khususnya Kabupaten Kuansing.

Diketahui Rakornas tersebut dihadiri oleh Jajaran Direktur Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PPN/Bappenas, Gubernur dan Bupati dari beberapa provinsi di Indonesia, diantaranya Provinsi Riau yang dalam hal ini tiga kabupaten, yaitu Kabupaten Indragiri Hulu, Siak dan Kuantan Singingi. (hendri)

BERITA LAINNYA
APBD Kuansing Baru Terserap Rp876 Miliar Lebih
Selasa, 16 Oktober 2018 | 14:28
AKBP Fibri Karpiananto Pindah Tugas ke Mabes Polri
Selasa, 16 Oktober 2018 | 13:03
BERIKAN KOMENTAR
Top